Bacaan Doa Qunut Umar ibn Al-Khaththab

Sudah sekian lama hidup dalam naungan agama Islam saya baru pertama kali membaca dan belajar doa qunut yang dibaca oleh Amilul mu'minin Umar bin Al-Khatthab ridwanullah 'alaih.


Kemana saja selama bertahun-tahun dan baru tahu ada doa qunut yang dibaca oleh Umar bin Al-Khatthab. Bagi saya ini sangat lucu dan mengerikan. Saya membayangkan bagaimana kalau saya mendengar orang memcanya sementara saya tidak tahu. Kalau begitu, bisa saja saya menyalahkan orang yang memacanya.

Bagaimana dengan anda?

Saat tulisan ini kami tulis, dalam semua media baik online maupun cetak sedang ramai diberitakan soal doa Neno Warisman. Pointnya yang ingin saya sampaikan ternyata hikmahnya ada. Apa itu? Orang Islam mengenal khazanah agamanya berupa Doa Nabi Muhammad SAW saat beliau berada di perang Badar.

Bacaan Doa Qunut Umar ibn Al-Khaththab
Bacaan Doa Qunut Umar ibn Al-Khaththab


Inilah doa qunut yang dibaca Umar Ibn Al-Khatthab yang baru saya kenal:

اللهم إياك نعبد ولك نصلى ونسجد وإليك نسعى ونحفد نرجو رحمتك ونخشى عذابك إن عذابك بالكافرين ملحق اللهم إنا نستعينك ونستغفرك ونثنى عليك الخير كله ولا نكفرك ونؤمن بك ونخضع لك ونخلع من يكفرك .
"Ya Allah, hanya kepada-Mu kami menyembah. Untuk-Mu kami shalat dan sujud. Kepada-Mu kami berusaha dan beramal. Kami mengharap rahma-Mu dan takut akan azab-Mu. Sesungguhnya azab-Mu terhadap orang-orang kafir pasti terbukti menyertai mereka. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan-Mu. Kami memuji-Mu atas semua kebaikan dan tidak kufur kepada-Mu. Kami beriman kepada-Mu dan tunduk kepada-Mu. Kami berlepas diri dari orang yang kufur kepada-Mu. 

Kemudia, Doa ini bisa anda temukan dalam kitab Al-Mushannaf karya Imam Ibnu Abi Syaibah, Al-Mushannaf karya Imam Abdurrazzaq, As-Sunan Al-Kubra dan Ma'rifat As-Sunnah wa Al-Atsar karya Imam Al-Baihaqi, dan Tahdzib Al-Atsar karya Imam Ath-Thahawi.

Secara pribadi saya mengajak kepada saudara-saudara yang sudah mengetahui doa ini untuk memberitahukan dan mengajarkan kepada saudara-saudara kita yang lain. Bagi yang baru mengenal alangkah baiknya bila bersama-sama mengaji dan lebih perhatian terhadap ilmu agama Islam yang mulia ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bacaan Doa Qunut Umar ibn Al-Khaththab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel