Gambaran Sifat Zuhud Secara Singkat

Banyak yang bertanya kepada kami apa tentang zuhud. Kami menjawabnya tidak bisa singkat. Beruntunglah kita memiliki para ulama yang hebat. Ulama hebat itu siapa? Mereka adalah orang yang dekat dengan Allah hingga akalnya cerdas, lisannya fasih, dan hatinya bersih serta akhlaknya menyejukkan mata.

Para ulama ini menggambarkan sikap zuhud secara ingkas berikut ini:

 زهِد في الدُّنيا: ترك متاعها مخافة حسابه، وترك حرامها مخافة عقابه.

Mari kita perhatikan!

Dalam kalimat singkat ini ada penjelasan yang memuaskan akal dan hati. Begitu kesan yang ditimbulkan dari ungkapan ini. 

Yang dimaksud zuhud di dunia adalah artinya meninggalkan maksiat. Dari mana anda menggali kesimpulan ini?

Mari kita lanjutkan!

Sebelumnya, bila nad berkenan membaca Apa Pertanyaan Para Sahabat Kepada Rasulullah SAW?

Orang yang zuhud itu meninggalkan dunia bukan karena apa-apa tapi hanya karena taqwa. Mereka tahu bahwa kenikmatan-kenikmatan itu akan dipertanyakan. Maka mereka akan menggunakan kenikmatan itu di jalan yang baik karena takut akan hisab yang berat dan sulit.

Dengan sikap ini maka mereka akan sangat berhati-hati. Ini sifat orang bertaqwa. Mereka sangat waspada dengan hal-hal yang mubah jangan sampai melalaikannya dari dzikir kepada Allah. Hingga makan dan tidur yang boleh anda lakukan bahkan para ulama bisa menghukumi tidur itu bertingkat-tingkat. Namun anda yang tahu bahwa hidup itu singkat akan mengatur bagaimana anda mesti tidur hingga tidak menghalangi perjumpaan anda dengan Allah SWT.

Bila kepada yang mbah dan boleh sikap orang zuhud begitu ketat maka apa lagi kepada yang haram. Maka spontan dan pasti mereka akan meninggalkannya. Bahkan hingga ia tidak tahu pun kalau satu saat ia mengetahui maka upayanya untuk itu sangat maksimal. Mungkin anda tidak vbegitu bia paham akan ungkapan kalimat sebelum ini. Percayalah itu karena kebodohan kami.

Orang yang Palig Bisa Diterima


Kami menambahkan kata-kata di bawah sub judul ini karena orang-orang yang zuhud ini akan mudah diterima setip kalangan. Mengapa? Karena mereka adalah orang-orang yang tidak membahayakan. Maka orang tidak akan takut dan tidak perlu berhati-hati. Orang zuhud ini adalah orang yang sudah bebas dari tipu daya dan mengelabui dirinya dan orang lain.

Yang Paling Penti dari Zuhud


Kalau dicintai manusia itu sudah hebat tapi yang lebih hebat lagi adalah orang yang zuhud ini adalah orang yang dicintai Allah SWT. Sikap ini sangat disukai dan dipuji. Maka kita jangan sampai menyia-nyiakannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gambaran Sifat Zuhud Secara Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel