Doa Nabi Yunus dalam Perut Ikan yang Wajib Anda Amalkan Saat Dalam Kesulitan

Doa Nabi Yunus dalam Perut Ikan yang Wajib Anda Amalkan Saat Dalam Kesulitan. Membaca kisahnya Nabi Yunus dan doa yang dibacanya sangat penting bagi anda. Apalagi bila anda sedang dalam kondisi tertekan oleh banyaknya masalah atau oleh satu persoalan berat yang mengubah sejumlah agenda yang sebelumnya sudah anda siapkan.

Permasalahan yang paling sering dikonsultasikan adalah soal kesulitan ekonomi. Secara lebih gamblang, masalah kekurangan uang menjadi faktor pemicu yang lebih besar dan lebih banyak untuk hadirnya kondisi panik, labil, marah, bingung, dan turunan dari kondisi jiwa yang tidak normal. Ini mesti segera diobati karena jiwa yang sakit 1.000 kali lebih membahayakan dari sakitnya tubuh.


 Doa Nabi Yunus termasuk doa karb yang artinya dengan anda membaca doa ini harapannya anda bisa lepas dari kebingungan dan kepanikan yang parah. Doa ini mengajarkan anda beberapa hal yang menarik untuk direnungi.

Inilah doa Nabi Yunus saat berada di dalam perut ikan lengkap dengan artinya:

لَّا إِلَٰهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
Artinya:

Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim

Kisah Nabi Yunus dan Doa Dzi An-Nun


Nabi Yunus dan doanya dikisahkan oleh Allah dalam firmannya berikut ini:

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88)

Artinya:

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya’: 87-88)

Keistimewaan Doa Nabi Yunus 


Doa Dzinnun atau Nabi Yunus ini dianjurkan untuk banyak dibaca baik anda dalam keadaan senang ataupun susah. Sabda Nabi Muhammad SAW: "Kamu mesti lebih mengenal Allah saat senang, Allah akan mengenalmu saat kamu susah." Namun dalam kondisi sulit maka bacaan anda mesti lebih banyak lagi karena anda sedang memerlukan semua bantuan yang mungkin dan dibolehkan agama.

Berkenaan dengan doa Nabi Yunus yang sering disebut doa penghilang kepanikan dan kebingungan ini, Rasuullah saw memberikan garansi yang menarik hati. Disebutkan bahwa doa ini sangat mustajab. Begitulah sabda Rasulullah saw.. Bila Rasul telah bersaksi maka anda tinggal meyakini dan langsung saja anda segera mengamalkannya.

Inilah keterangan Rasulullah saw terhadap keistimewaan dan keutamaan do Nabi Yunus ini:

دعوةُ ذي النُّونِ إذ هوَ في بَطنِ الحوتِ: لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ، فإنَّهُ لم يدعُ بِها مسلمٌ ربَّهُ في شيءٍ قطُّ إلَّا استَجابَ لَهُ

Artinya:

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Faktor Mustajabnya Doa Nabi Yunus


Ulama telah memberikan penjelasan panjang lebar berkenaan dengan doa Nabi Yunus ini. ecara ringkas doa Nabi Yunus mengandung beberapa hal pokok berikut ini:
  • Pengakuan tauhid.
  • Pengakuan akan kekurangan diri.
  • Berisi permohonan ampun (istighfar) pada Allah

Doa Nabi Yunus Tergolong Istighfar

Bacaan doa Nabi Yunus ini ada kemiripan dengan doa Nabi Adam as. Keistimewaan kedua doa ini yang porsinya sangat besar adalah di bagian pengakuan akan kekurangan diri. Bila ini kemudian dimintakan agar diampuni kekurangannya maka jadilah ia istighfar. Maka doa Nab Yunus juga termasuk dzikir atau doa yang tergolong istighfar.

Mengenai istighfar Rasulullah saw memberikan keterangan:

منْ لَزِم الاسْتِغْفَار، جَعَلَ اللَّه لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مخْرجًا، ومنْ كُلِّ هَمٍّ فَرجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ

Demikianlah Doa Nabi Yunus dalam Perut Ikan yang Wajib Anda Amalkan Saat Dalam Kesulitan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Doa Nabi Yunus dalam Perut Ikan yang Wajib Anda Amalkan Saat Dalam Kesulitan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel