Cara Menjalankan Usaha Kecil Pada Bidang Makanan Kecil Beromset Milyaran

Kami memiliki 4 orang teman dari Ciamis yang banyak bercerita tentang usaha makanan kecil dengan penghasilan ratusan juta bahkan milyaran. 



Lihat saja semua aktivitas orang-orang di kawasan Cikeruh Ciamis. Daerah ini hanya 4 jam saja dari Bandung. Kami sudah lebih dari 10 kali berkunjung ke sini ini. 

Cikeruh, adalah daerah yang sukses mengangkat perekonomian masyarakat dari usaha kecil ini, yang kami maaksud adalah usaha cemilan.

Mereka membuat makanan ringan dengan berbagai menu. Ada makanan ringatndengan rasa kencur dan jengkol. Saya mengenal jenis ini karena inilah snack yang paling sering kami nikmati waktu SD 27 tahun silam. 

Aneka makanan ringan diproduksi. Ada yang kami kenal mulai sukro, basreng, ada juga yang biasa kami sebut jajaatan, ada juga mie kering, rorokrakan, dan banyak lagi yang lain. 

Bahan-bahan yang digunakan termasuk yang mudah didapatkan. Semuanya berbahan dasar terigu, tepung, telur, cara dab selanjutnya dibuat menjadi aneka olahan yang dikemas kecil-kecil.  Umumnya harga dari produsen per bungkus hanya rp. 300. Harganya per satuan memang murah. Namun bila setipa warung menyediakan maka hasilnya pasti milyaran. 

Hasil produksi daerah ini tersebar ke seluruh Indonesia. Mereka juga mengirim produksinya ke Jakarta dan kota-kota besar lainnya. 

Kami pernah melakukan observasi pada satu jenis makanan. Kami mengamati satu jenis makanan mirip sukro namun tidak ada kacangnya. Rasanya gurih, asin, dan rasa kencurnya sangat kuat. Kami mendapati makanan kecil ini ada di setiap warung. Sedangkan warung di tempat kami saja sudah sangat banyak. Jumlahnya mungkin bisa saja 2% dari jumlah penduduk. Data ini tentukan bisa jadi lebih bisar bila melihat kecenderungan orang yang akhir-akhir ini banyak yang terjun membuka usaha kecil dengan membuka warung-warung kecil. 

Bagi anda yang mau bergelut dalam usaha ini ada beberapa tips untuk anda. 
  • Mulai saja dulu dengan menyediakan makann ringan yang banyak digenari anak-anak. 
  • Bila anda akan menjadi produsen maka produksilah makan ringan yang dikenal anak-anak. Kalau menciptkan produk baru maka anda harus memproduksi makanan yang masuk selera lidah mereka. 
  • Lihatlah kecenderungan anak-anak, mrreka suka makanan kecil apa? 
  • Berinovasilah dengan menambah pengetahuan baru baik dari produksi, promosi, dan peningjatan kwalitas. 
Itulah beberapa hal tentang ide bisnis atau usaha kecil pada bidang makanan jecil yang bisa anda terapkan untuk bisnis yangbakan anda jalankan. Bisnis makanan tidak akan pernah mati selama manusia masih hidup. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menjalankan Usaha Kecil Pada Bidang Makanan Kecil Beromset Milyaran "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel