Cara Kepala Sekolah Memotivasi Guru Selama Waktu Sulit

Cara Memotivasi Karyawan Selama Waktu Sulit adalah bagian yang sangat penting dalam lingkaran faktor-faktor keberhasilan pendidikan. Karena selalu ada saat-saat tertentu energi itu habis dan para guru dilanda kejenuhan. 

Maka di saat-saat seperti itu, setiap individu guru sangat penting kembali memperkuat motivasi dan niat. Karena bila ini dibiarkan akan terjadi kekacauan yang mengerikan. Karena bila guru malas mendidik akibatnya akan dirasakan panjang oleh peserta didik.



Kali ini, penting bagi kepala sekolah untuk pro-aktif dalam bertindak mengatasi situasi yang sulit itu. Perlu kiranya kepala sekolah memiliki ciri yang jitu untuk kembali menggairahkan hati dan pikiran para guru yang dipimpinnya.

Maka dengan demikian, di bawah ini kami berikan beberapa saran yang bisa dilakukan kepala sekolah saat menghadapi problema di atas.

Menetapkan Tujuan

Para guru mengajar dan mendidik sudah pasti memiliki tujuan mulia. Maka tugas kepala sekolah adalah kembali menyentuh inti ini. Caranya dengan duduk bersama para guru dan mengarahkan mereka dengan bijak tanpa membentak dan tidak ada redaksi menggurui.

Supervisi Regular

Pengawasan dari kepala sekolah terhadap kinerja guru sangat penting. Ketiadaan pengawasan hanya akan mengendurkan semangat. Karena ada di antara keperluan untuk memberikan dan menunjukkan yang terbaik. Apalagi bila kemudian supervisi itu diikuti reward istimewa.

Pelatihan dan Pengembangan

Menyelenggarakan workshop atau mengirimkan para guru untuk menggeluti ilmu-ilmu baru demikemajuan pendidikan di sekolah sangat penting. Kepala sekolah bisa menjadwalkan waktu yang bisa digunakan untuk mereka.

Hadiah Istimewa

Sudah dijelaskan di atas bahwa pemberian hadiah sangat membantu meningkatkan gairah kerja para guru. Apalagi bila hadiahnya istimewa tentu mereka akan lebih tertarik. Bentuknya bisasaja dengan diberikan hadiah untuk mengikuti kursus-kursus istimewa juga.

Demikianlah sekelumit tentang Cara Kepala Sekolah Memotivasi Guru Selama Waktu Sulit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Kepala Sekolah Memotivasi Guru Selama Waktu Sulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel