Skip to main content

follow us

Tidak Ada Pilihan Lain Selain Islam

Hadirin,

Semoga Allah memberikan kita taufiq untuk berpegangan teguh dengan hidayah Islam. Shalawat dan salam kepada Rasulullah saw yang membimbing umatnya agar selalu mengikuti petunjuk-Nya. 

Saudaraku, 

Jadi muslim itu membahagiakan. Betapa tidak, kita tidak dipusingkan untuk menjawab pertanyaan siapa nama tuhan, tuhan ada berap, berasal dari manakah dia, bisakah tuhan beranak, ia dan seterusnya. Karena semua pertanyaan itu telah ada jawabannya dalam Islam dengan sangat memuaskan. 

Maka bagi anda yang merasakan kebahagiaan hidup dalam Islam kabarkan bahwa anda bahagia dan ajak teman dekat anda untuk mengikuti cara hidup dengan Islam. 

Hudzaifah Ibnul Yaman pernah ditanya :

 ﺃﻱ ﺍﻟﻔﺘﻦ ﺃﺷﺪ؟

"Fitnah, apa yang paling dahsyat ?"

👤 Beliau pun menjawab :

ﺃﻥ ﻳﻌﺮﺽ ﻋﻠﻴﻚ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻭﺍﻟﺸﺮ ﻓﻼ ﺗﺪﺭﻱ ﺃﻳﻬﻤﺎ ﺗﺮﻛﺐ

"Dihadapkan kepadamu antara kebaikan dan keburukan. Akan tetapi engkau tidak mengetahui mana yang akan engkau ikuti"

(Hilyatul Auliya 7-271)

Keterangan di atas benar secara faktual. Saat berbagai aliran pemikiran menyerang umat manusia baik melalui buku atau tulisan tulisan di internet banyak manusia yang bingung.

Tidak mampunya orang mengenali kebenaran membuat manusia hidup dengan penuh kebimbangan yang akut. Orang tidak tahu lagi mana di antara semua itu yang benar.

Islam Menempatkan Akal Pada Posisi yang Agung

Kebahagiaan anda bertambah saat anda tahu bahwa Islam adalah agama yang sangat mengagungkan akal. Al-Qur'an menyebut orang yang iman kepada Allah sebagai orang yang berakal.

Manusia zaman sekarang yang kehidupannya semakin maju dalam aspek materi seharusnya mampu menjaga kwalitas rohaninya.

Islam mengajarkan agar orang giat menuntut ilmu dan berlindung kepada Allah dari kemalasan. Islam mengajarkan untuk menghadirkan bukti dan argumentasi. Ini sangat jelas saat kita menelaah terjadinya pembukuan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Dalam Islam dilarang adanya taklid buta dan fanatisme golongan atau ikut cara nenek moyang yang semua itu mematikan potensi akal dan daya imajinasi, inovasi, dan kreatifitas.

Islam membebaskan orang untuk berbeda pendapat dengan akhlak yang baik. Tidak boleh ada pemasangan akal dan pemaksaan pendapat dalam hal yang tidak prinsip dan tidak disepakati.

Islam Mengangkat Derajat Wanita

Agama tauhid ini, sangat menghormati wanita. Al-Qur'an mengajarkan banyak teladan dari kaum wanita. Islam tidak menjadikannya sebagai setengah manusia yang derajatnya sama dengan budak.

Islam memberikan teladan bagaimana Allah memberikan kemuliaan kepada Maryam. Ia mengajarkan manusia cara berbakti kepada orang tua dan menajamkan kwalitas diri. Maryam memberikan pelajaran bahwa dalam Islam wanita memiliki peluang yang sama dalam menuntun manusia dalam kebenaran.

Al-Qur'an memiliki satu surah dengan nama An-Nisa. Dalam surah ini anda akan dibawa ke dalam penjelasan yang mengasyikkan soal wanita.

Islam Menyelamatkan Manusia dari Perbudakan

Sejak awal, Islam komitmen untuk memberantas perbudakan. Maka secara gradual Islam menyelamatkan manusia dari perbudakan manusia lainnya.

Bagian ini menjadi yang sangat berbeda dengan peradaban dan agama lain. Sejak awal Islam memikat hati para budak. Mereka mengetahui bahwa Islam sangat berbeda dengan budaya yang sudah ada.

Maka kemudian hadirlah Bilal dan khabab yang merupakan budak-budak Quraisy. Mereka begitu yakin karena yang mendakwahi mereka adalah orang yang sangat penyayang kepada mereka dan dekat dengan orang lemah.

Islam Mengajarkan Hidup Bersih dan Kompetisi Sehat

Hidup bersih adalah gaya hidup orang Islam. Maka muslimlah yang memiliki rumah dengan halaman depan dan belakang yang bersih dan terawat. Muslim juga yang pertama membuat sabun dan secara jelas mencintai wangi-wangian. Muslim yang pertama kali membangun kamar mandi di rumah. Rasulullah mengajarkan kerapihan sekaligus kesederhanaan.

Islam Agama yang Sesuai Fitrah dan Membimbingnya

Manusia adalah makhluk yang bertanya dan berpikir. Ia tidak akan bahagia hatinya kalau pikirannya tidak terisi ilmu dan semua kerumitannya. Maka Islam nengarahkannya.

Manusia makhluk yang suka akan kekayaan dan kejayaan. Kebutuhan aktualisasi diri menjadi fitrahnya. Islam sangat tahu akan hal ini maka ia mengarhkannya dengan banyak memberikan motivasi.

Islam tahu bahwa manusia tidak bisa hidup sendirian. Ia membutuhkan pasangan, orang teman, orang dan jamaah. Maka Islam mengarahkannya dengan ajaran pernikahan dan muamalah yang benar.

Itulah sejumlah hal tentang Islam yang membahagiakan. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar