Skip to main content

follow us

Mewujudkan Muslim Ahli Al-Qur'an

Siapakah Ahlul Qur'an dan Shahibul Qur'an Itu ?

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullahu berkata :

أَهلُ القُرآنِ: هُمُ العَالِمُونَ بِهِ وَالعَامِلُونَ بِمَا فِهِ، وَإِن لَم يَحفَظُوهُ عَن ظَهرِ قَلبٍ، أَمَّا مَن حَفِظَهُ وَلَم يَفهَمهُ و‌لَم يَعمَل بِمَا فِهِ فَلَيسَ مِن أَهلِهِ وَإِن أَقَامَ حُرُوفَهُ إِقَامَةَ السَّهمِ.

Ahlul Quran adalah : "Orang yang memahami Al Qur'an dan mengamalkan apa-apa yang terkandung di dalamnya, walaupun ia tidak menghafalkannya. Sedangkan orang yang menghafalnya namun tidak memahaminya serta tidak mengamalkan kandungannya, maka ia bukanlah Ahlul Qur'an, meskipun ia menegakkan huruf-hurufnya sebagaimana menegakkan busur panahnya (maksudnya adalah sangat perhatian dan mahir dalam membaca terhadap huruf-hurufnya)"
(Zadul Ma'ad, 1/338).

Syaraful Haq Al Abadi rahimahullahu berkata :

صَاحِبُ القُرآنِ: أي مَن يُلَازِمُهُ بِالتِّلَاوَةِ وَالعَمَلِ لَا مَن يَقرَؤُهُ وَلَا يَعمَلُ بِهِ.

Shahibul Qur'an adalah : "Orang yang senantiasa membacanya dan mengamalkannya. Bukan yang sekedar membacanya tetapi tidak mengamalkannya."

(Aumul Ma'bud: 1/237). 

🌹 

Strategi Mewujudkan Keluarga Pecinta Al-Qur'an 


Puji dan syukur kepada Allah, program- program pengkajian Al-Qur'an di negara Indonesia berkembang sangat pesat.



Kita menyaksikan bagaimana kiprah  Ustadz Adi Hidayat dalam menumbuhkan rasa cinta kepada Al-Qur'an. Dalam kajian-kajiannya begitu piawai ia memberikan solusi kehidupan dengan Al-Qur'an.

Yang penting juga disebutkan dalam kesempatan ini adalah sudah banyak kepala daerah yang menggunakan kekuasaan di pemerintah untuk mendukung kemajuan syiar Al-Qur'an. Banyak daerah yang menyiapkan beasiswa bagi yang mau menghapal Al-Qur'an.

Mewujudkan adanya planning satu keluarga satu hafizh, seperti yang dicanangkan gubernur Jawa Barat sangat baik dengan kerjasama aktif dari berbagai pihak. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar