Masalah Serius Manusia Modern

Masalah adalah makhluk yang menemani kehidupan manusia. Ia dijadikan agar manusia bisa tumbuh sesuai takdirnya. Manusia adalah makhluk yang sangat berbeda dengan makhluk lainnya. Ia dapat diindra, dan dibatasi ruang dan waktu. Kemuliaannya berada pada penciptaannya. Namun kemuliaan itu bukan berarti bebas tanpa batas. Kemuliaan akan didapatkannya bila mampu melewati berbagai masalah yang menguji kemanusiaannya. 

Saat menghadapi masalah manusia mulia mampu menyadarinya lalu menghadapinya dengan cara dan sikap terbaik.

Manusia Modern


Manusia modern pada dasarnya sama dengan manusia zaman dahulu kala. Tidak ada proses evolusi yang terjadi. Karena sampai kini belum ada berita hewan berubah jadi manusia baik secara evolusi maupun revolusi.

Manusia modern dicirikan dengan penggunaan teknologi yang canggih untuk memudahkan kehidupan mereka. 

Untuk berkomunikasi tidak perlu lagi bertatap muka atau berkirim surat. Semua bisa dilakukan dengan menekan tools di smartphone lalu mulailah berbicara langsung melalui alat videocall. 

Bila mau makan tinggal pesan online. Begitu juga kalau mau pergi tinggal pesan kendaraan secara online. 

Bahkan ilmu pengetahuan banyak tersedia di internet. Manusia yang tekun dan punya semangat akan ilmu tentu dimudahkan dengan semua ini. 

Ironis Dunia Modern


Dengan kemudahan-kemudahan itu seharusnya manusia bertambah bahagia. Namun bagaimana kenyataannya? Sungguh fakta di lapangan menunjukkan hal yang berbeda.

Secara luas dan terang-benderang kita mengetahui banyaknya orang yang malah merasa tertekan karena massivenya informasi. Bukannya tidak ada pilihan bahkan mereka bingung karena terlalu banyak pilihan.

Manusia modern ini banyak yang berhati dingi. Tidak berperasaan seperti mesin. Ia bergerak tidak disertai dengan hati. Ia lebih mementingkan materi dari pada spirit. 

Di tengah hingar-bingar gempitanya pesta banyak yang hati yang sepi. Di tengah kerumunan banyak yang merasa menyendiri. Di tengah khalayak ramai banyak orang yang merasa tidak punya teman sejati. 

**FITNAH YANG SANGAT DAHSYAT**


Hudzaifah Ibnul Yaman pernah ditanya :

 ﺃﻱ ﺍﻟﻔﺘﻦ ﺃﺷﺪ؟

"Fitnah, apa yang paling dahsyat ?"

👤 Beliau pun menjawab :

ﺃﻥ ﻳﻌﺮﺽ ﻋﻠﻴﻚ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻭﺍﻟﺸﺮ ﻓﻼ ﺗﺪﺭﻱ ﺃﻳﻬﻤﺎ ﺗﺮﻛﺐ. 

"Dihadapkan kepadamu antara kebaikan dan keburukan. Akan tetapi engkau tidak mengetahui mana yang akan engkau ikuti"
(Hilyatul Auliya 7-271)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel