Asyiknya Orang Beradab dalam Menyikapi Persoalan Hidup

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh!

Hadirin kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT. Marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Orang Shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, orang kepada keluarga, sahabat, serta umatnya. Amiin

Hadirin, sungguh bahagia orang yang punya ilmu, namun lebih bahagia lagi orang yang punya adab. Adab lebih tinggi dari ilmu dan merupakan buahnya.

Siapa yang berilmu tapi tidak bertambah dekat kepada Allah maka ilmunya tidak bermanfaat baginya karena hanya membuat ia semakin menjauh dari Allah.

Betapa banyak orang dengan gelar akademis mentereng namun ia korupsi. Banyak orang dengan kecerdasan luar biasa namun kecerdasannya digunakan untuk menipu, mengelabui, dan menzalimi orang. Banyak orang dengan kepakaran di atas rata-rata tapi untuk memilah kata-kata yang baik seolah hilang kepintaran itu.

Orang yang beradab lebih Berkwalitas dari orang yang hanya sekedar punya ilmu. Ilmu yang ada ia gunakan untuk kebaaikan. Kata-kata dan sikapnya tidak pernah diniatkan sengaja menyakiti orang lain.

Hadirin

Untuk memperkuat uraian ini mari kita simak penjelasan berikut ini:

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu berkata ;


  1. العالم يعرف الجاهل؛ لأنه كان جاهلاً. والجاهل لا يعرف العالم؛ لأنه ما كان عالماً. 


❝Seorang alim dapat mengenal orang jahil karena dulu dia pernah jahil. Sedangkan orang jahil tidak dapat mengenal orang alim karena dia tidak pernah menjadi orang yang alim.❞

 (Jawabul I'tiradhat Al Mishriyah 'Alal Futya Al Hamawiyah, hal. 172).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asyiknya Orang Beradab dalam Menyikapi Persoalan Hidup "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel