Arti Kata Perbanyaklah Berbuat Baik Kepada Siapa Saja dengan Ikhlas

Tidak berhenti lisan ini berdoa memohon kebaikan kepada Allah untuk orang bernama Ahmad. Apa sebab? Dialah yang pernah satu saat menunjukanku sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan mudah dilakukan. 

Biarlah, tentang bisnis apa tidak ingin diperpanjang. Saat ini saya hanya ingin merenungi tentang perbuatan baik yang sering dinasihatkan.

Ahmad tidak mengira akan dipertemukan dengan saya. Saya pun demikian. Kemudian dia berbuat baik kepada saya. Kemudian saya merasa diperlakukan sangat baik dan dibantu menemukan sesuatu yang hebat untuk diri saya. 

Karena ide itu saya menjalani hidup ini dengan sangat bermakna. Saya merasa tidak perlu risau akan omset,  income,  atau pendapatan. 

Mengapa Ahmad tidak mengambilnya untuk dirinya sendiri? Kenapa dia memberikannya ke saya? pertanyaan ini semakin hebat sekali bobotnya bila anda tahu bahwa kami baru bertemu satu kali. Dan untuk idenya ini Ahmad tidak meminta bayaran. 

Namun ternyata kebaikannya saat itu, nyai satu kali, mampu membuatku bangun malam-malam dan tidak dalam doa-doaku terselio nama Ahmad. 



Kejadian ini membawaku ke dalam sebuah cakrawala berpikir yang berbeda bagi diri saya. 
  • Berbuat baik sebanyak-banyaknya. Kita tidak tahu mana yang akan diterima oleh Allah. Ahmad berjumpa dengan saya satu kali lalu berbuat baik kepada saya dan saya mendoakan kebaikan untuknya. 
  • Berbuat baik kepada siapa saja. Ini rumus kedua. Seperti Ahmad yang berbuat baik kepada saya meskipun ia sebelumnya tidak kenal dengan saya.
  • Berbuat baik kepada orang dengan perbuatan paling hebat. Kalau anda bisa berbuat baiklah kepada orang lain seperti anda memperlakukan seorang raja. Seperti Ahmad itu tadi. Ia memberikan sebuah ide yang harganya lebih mahal dari uang 1 Triliyun. 
  • Berbuat baiklah dengan hati yang paling ikhlas. Bila ikhkas ada di hati maka anda tidak lelah melakukannya. 
Sesungguhnya di sekitar kita banyak Ahmad-Ahmad yang lain. Hanya saja, banyak kebaikan orang lain banyak tidak kita sadari. Bila Ahmad hanya sekali berbuat baik maka sadarilah sudah terlalu banyak Ahmad yang lain berbuat baik untuk anda. Mungkin malam ini ia sedang berdoa kepada memohon kebaikan-kebaikan untukmu. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel