Urgensi Tazkiatun Nafsi untuk Manusia Modern

Hadirin, kaum muslimin yang berbahagia !

Marilah kita beryukur kepada Allah yang maha kuasa. Dialah yang paling sering membuat kita merasa sangat berharga saat kita bisa mengerjakan perintah-Nya. Perasaan bahagia itu semoga berasal dari keimanan kepada Allah.

Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dialah yang mengajarkan kepada kita cara yang benar dalam upaya membersihkan hati agar selalu taat kepada Allah SWT. 

Menjaga kesucian hati adalah kewajiban. Karena bila hati kita kotor akan sulit bagi kita untuk mengikuti petunjuk Allah. Hidayah yang Allah berikan akan mudah ditangkapnya dengan hati yang bersih. Karena hati yang bersih selalu condong terhadap kebaikan. Maka sama lah atmosfer hidayah dengan suasana hati yang sudah terkondisi dengan baik. 

Hadirin ... !

Lantas,  pentingnya kita memiliki hati yang bersih di masa modern sekarang ini?

Persoalan ini akan terus menjadi domain penting yang dibicarakan baik dalam ruang-ruang publik atau pun perbincangan santai  di teras rumah atau di tempat ngopi. 

Sejauh yang saya perhatikan, adanya pelatihan atau seminar tentang ini bertambah banyak dan diselenggarakan dengan besar-besaran. 

Meskipun ada istilah-istilah yang agak berbeda namun tidak terlalu jauh bahkan lebih cenderung pada beda  di permukaan saja.  Intinya memiliki kesamaan.

Sekarang ini digembar-gemborkan pentingnya positif thinking, positif feeling, dan lain-lain yang kesemuanya menitikberatkan pada pentingnya membersihkan hati. 

Untuk lebih mempertegas ini semua mari kita menyimak ungkapan yang sangat baik ini:

Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullahu berkata ;

فخير القلوب القلب الصلب الصافي اللين، فهو يرى الحق بصفائه، ويقبله بلينه، ويحفظه بصلابته.

“Sebaik-baik hati adalah hati yang kokoh, jernih dan lembut. Jadi dia melihat kebenaran dengan kejernihannya, menerimanya dengan kelembutannya dan menjaganya dengan kekokohannya.” 
(Badaiut Tafsir, hal. 316). 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Urgensi Tazkiatun Nafsi untuk Manusia Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel