Taktik Grilya dalam Memenangkan Kompetisi Bisnis

Saat saya berada di Bandung tiga hari yang lalu, saya sempat berkunjung ke rumah seseorang yang sudah saya anggap sebagai orang tua saya sendiri. Beliau bercerita tentang bisnis jasa pada sektor memijat. Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat berbincang dengannya tentang potensi usaha tempat cukur rambut yang ternyata sangat besar.

Tapi saya menyimpan cerita di atas untuk saya tulis di bagian lain blog ini. Saya lebih intens menulis lanjutan dari tulisan saya sebelumnya soal strategi mengatasi kompetensi di dunia bisnis. Sejauh yang saya amati ternyata banyak orang yang memerlukannya.

Dalam upaya anda memenangkan persaingan bisnis ada dua taktik yang bisa anda lakukan. Pertama head to head, atau beradu hadapan secara langsung. Taktik ini bisa anda lakukan bila anda sudah bisa mengukur keampuan and dan kondisi pesaing.

Bila anda meyakini bahwa anda mampu mengalahkannya dengan cara ini maka lakukan cara ini. Anda mesti tahu modal anda berapa dan perkiraan kompetitor anda berapa. Bila anda memiliki modal yang lebih kecil lebih baik tidak melakukan cara pertama ini.

Taktik Grilya dalam Memenangkan Kompetisi Bisnis
Taktik Grilya dalam Memenangkan Kompetisi Bisnis


Pebisnis Mesti Smart


Cara kedua bisa disebut sebagai jalan alternatif. Cara ini setelah anda mengukur kemampuan anda tidak sebanding dengan kompetitor anda. Maka langkah-langkah yang bisa diambil untuk cara ini antara lain:

  • Tidak membuka usaha anda di dekat kompetitor dengan modal besar. Bila anda terlalu dekat maka anda akan dikalahkan. Pasar tidak akan melirik anda. Mereka akan lari ke tempat yang lebih besar, lengkap, dan harganya murah. Tempat bisnis yang besar biasanya menaarkan harga yang murah karena mereka mendapatkan barang dari angan pertama dalam jumlah yang banyak.
  • Pelajari kelebihan mereka. Ini bisa anda lakukan dengan menjalin pertemanan dan kemitraan dengan pelaku bisnis saingan anda. Dari pada bersaing lebih baik bersinergi. Tanyakan rahasia bisnis mereka. Bilaanda malu anda bisa mengutus mata-mata anda. 
  • Selanjutnya tutupi kekurangan anda. Setelah anda mempelajari ada kekurangan pada usaha anda maka segera perbaiki. Bila petugas di tempat usaha anda kurang ramah dan tidak responsif melayani pelanggan maka anda harus memperingatkan mreka agar lebih ramah dan cepat memberikan bantuan kepada pelanggan.
  • Melengkapi ketersediaan barang, jasa, dan layanan di tempat usaha anda sangat diperlukan. Jadi selain jumlah kunjungan pelanggan dan omset perusahaan menambah dan melengkapi produk yang anda jual ternyata efektif meningkatka jumlah penjualan anda. Secara psikologis pelanggan lebih suka melihat barang-barang yang lengkap sehingga mereka menemukan banyak pilihan.
Itulah taktik gerilya yang bisa anda lakukan saat berupaya merebut hati pelanggan dan menjadikan anda pemenang dalam persaingan usaha yang semakin hari semakin ketat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel