Perhiasan Akhlaq Menambah Keindahan Ilmu

Kesuksesan orang bisa diraih dengan akhlaq yang tinggi. Seorang guru di sebuah sekolah menceritakan sebuah kejadian yang ia saksikan. 

"Ada seorang muridnya yang sangat baik akhlaqnya. Ia berkata sopan dan sikapnya sangat santun baik kepada teman-temannya, lebih-lebih kepada gurunya"

"Ia tidak begitu menonjol segi kognitifnya. Ia termasuk siswa yang pertengahan dalam kemampuan menyerap pelajaran-pelajaran sekolah."

"Selama di sekolah ia sangat dihormati oleh teman-temannya. Dan akhlaknya yang baik menjadikannya teladan bagi kawan-kawannya."

"Selesai sekolah Aliyah ia tidak pergi ke kota seperti kebanyakanbteman-temannya. Ia tinggal di kampung untuk membantu orang tuanya yang bekerja sebagai nelayan."

Apa yang terjadi berikutnya?

"Ia kini adalah nelayan sukses di sebuah kawasan di pantai utara."

"Saat ia pergi ke Pacitan ia bertemu seorang pengusaha perikanan yang sukses. Rupanya, akhlaknya yang baik mempesona sang pengusaha. Ternyata anak gadinya pun ikut terpikat. Ia menikah dan sukses. Perjalanannya sangat singkat. Saat teman-temannya masih bingung melamar pekerjaan, ia sudah mapan dengan usahanya. Dan ia kini bahagia dengannkeluarga kecilnya.

Demikianlah cerita indah yang diawali denganbcerita kehebatan akhlaq mulia. Maka jangan anda ragukan lagi untuk terus berakhlak baik kepada sesama.

Imam Al Ghazali rahimahullah berkata ;

العقلاء يستحيون أن يطلبوا السلعة الغالية بالثمن التافة

"Orang-orang yang berakal itu merasa malu jika menuntut barang mahal, namun dibayar dengan harga murah." 
(Liyaddabbaru Ayatih). 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel