Manfaat Meninggalkan Perkara yang Sia-Sia untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat

Hadiri yang saya hormati!

Saat ini adalah waktu terbaik untuk segera mengucap syukur dengan hati dan lisan kepada Allah SWT. Dialah yang telah memberikan petunjuk kepada kita hingga mampu dan ikhlas meninggalkan kesia-siaan menuju perkara yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat kita.

Perkara yang sia-sia disebut perkara dunia. Apalagi kalau perkara itu mengandung dosa maka ia disebut siksa yang disegerakan di dunia. 

Hadirin, nari kita buktikan ini semua!

Menggunjing orang, mencemarkan nama baiknya, menyebarkan aibnya, adalah perkara sia-sia, perkara hina, rendah dan ia disebut perkara dunia. Ia mengandung dosa. Balasannya disegerakkan di dunia. Bukankah anda tidak mau bersahabat dengan orang yang lisannya nyablak, mengatakan apapun yang ingin dia katakan, seolah lidahnya tidak lunya saringan, hingga semua kotoran berhamburan masuk telinga orang. Anda risih mendengarnya. Diam-diam anda menaruh kewaspadaan anda. Karena anda yakin di lain waktu andalah yang akan terkena sasaran lisan usilnya itu.

Sedangkan berdzikir dan mengajak orang berdzikir adalah perkara yang tinggi nilainya. Ia ada di dunia tapi pahalanya akan didapati di akhirat. Anda akan senang dengan orang yang baik, tidak menggunjing apalagi memfitnah, selalau mengajak kepada kepada kebaikan, mudah memuji tidak suka mencela. Diam-diam anda suka bergaul dengannya. Karena kalau saat ini kebaikan orang dia puji, di lain waktu andalah yang bakal ia puji-puji.

Anda mu pilih yang mana, hadirin?

Dengan ini semua, waktu dan kesempatan juga kelapangan yang Allah berikan janganlah sekali-kali anda sia-siakan. Karena satu saat yang tidak andabgunakan untuk kebaikan, tidak dipakai berdzikir meski dengan hanya mengucapkan subhanallah, maka satu saat yang singkat itu akan menjadi penyesalan yang mendalam di akhirat nanti.

Mari kita renungkan ungkapan ini:

❝ Teruslah berdzikir walau hatimu lalai. Karena sekurang-kurangnya lidahmu akan selamat dari perkataan kotor dan sia-sia ❞
(Imam Al Ghazali)

-----------✨

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Meninggalkan Perkara yang Sia-Sia untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel