Skip to main content

follow us

Keutamaan Berjamaah, Bersinergi dalam Hal yang Disepakati

Hadirin yang berbahagia!

Mari kita bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan memuji, bersyukur, taat, dan ingat selalu kepada-Nya. Shalawat-Nya dan salam semoga selalu dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW., keluarga, sahabat, dan yang mengikuti jalannya.

Saudara-saudara sekalian!

Allah memerintahkan kita berpegang teguh kepada agama Islam dan jangan berpecah belah.

Sudah habis energi kita untuk berdebat dan bermusuhan dengan sesama saudara seagama. Padahal yang diperselisihkan adalah perkara-perkara yang cabang-cabang. 

Sesungguhnya lebih banyak kesamaan di antara kita dari pada perbedaan. Sikap yang harus kita ambil adalah bersepakat dalam hal kita sepakati dan saling membela satu sama lain. Sementara kalau ada perbedaan dalam hal yang kecil-kecil maka sikap kita adalah berlapang dada dan mengedepankan baik sangka.

Perbedaan adalah sunnah kehidupan. Itulah yang Allah tetapkan. Namun sikap kita adalah memandangnya dengan pandangan yang positif. Cara melihat perbedaan seperti ini lebih bermanfaat dari pada memandangnya dengan pandangan yang sebaliknya. Anggaplah perbedaan sebagai hiasan.

Dalam sebuah kata-kata mutiara disebutkan:

❝ _Bila kegagalan bagai hujan dan keberhasilan bagai matahari, maka butuh keduanya untuk melihat pelangi._❞

-----------✨

Tepat sekali pandangan orang yang menulis ungkapan ini. Kita akan menemukan keragaman yang bisa menjadi bumbu dalam cerita dan bermesra dalam harmoni keikhlasan karena mencari rido Allah semata.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar