Skip to main content

follow us

Kesalahpahaman Anda Tentang Dosa Masa Lalu

Bagaimana rasanya saat anda melakukan kesalahan? Apakah anda merasa sesak nafas, ada semacam ganjalan di dalam hati atau anda jadi salah tingkah? Bila anda pernah merasakannya berarti anda normal karena dosa memang menyesakkan di dada, ada semacam ganjolan, terasa tidak enak terjadi berkecamuk di dalam hati. 

Contohnya saat Anda sangat marah terhadap anak Anda kemudian Anda membentaknya padahal anak Anda tidak berbuat kesalahan. Karena namanya juga anak-anak tapi karena anda kesal maka anda membentaknya, setelah itu sepertinya ada semacam tekanan yang menghimpit dada hingga terasa sesak, nafas pun terasa tidak lancar.




Itulah akibat langsung dari berbuat dosa. Secara kejiwaan orang yang berbuat dosa jiwanya rapuh.  Jangan sangka orang yang berbuat dosa menjadi tokoh jiwanya Justru karena dia berbuat dosa jiwanya rapuh. Sebenarnya isi hati yang paling dalam dia mengakui bahwa dirinya telah berbuat dosa dan ia sebenarnya tidak nyaman dengan keadaan itu.

Ini sudah beberapa kali dinyatakan oleh orang-orang yang pernah berbuat tidak baik di masa lalu. Hatinya merasa tindak tenang bahkan datang ketika saat saat tiba di malam hari hatinya memikirkan Bagaimana cara dia bertobat dia ingin sekali berada di jalan yang lurus seperti yang orang-orang lakukan.

Kita tidak boleh bermain-main dengan yang namanya dosa karena setiap amal ada perbuatannya amal yang baik akan dibalas dengan kebaikan dan perbuatan  jahat balasannya kejahatan pula. Maka kita tidak boleh menyepelekan perbuatan kita. Sikap yang harus kita lakukan adalah dengan mewaspadai gerak-gerik kita sendiri. Dan ternyata dosa ini balasannya tidak hanya di akhirat tetapi di dunia juga. Contohnya Ketika seseorang melakukan aktivitas bisnis lu dia melakukan kecurangan ternyata seketika itu pula kawan kawan bisnisnya tidak mau melakukan transaksi dengannya. Maka inilah hukuman yang ada di dunia atas dosa-dosanya

Saya terkesan dengan riwayat tentang Ibnu Sirin beliau adalah orang yang sholeh dan sangat Alim banyak sekali ilmu dan dalam sepengetahuannya. Makah jangan anda berbuat dosa sesuka hati dan nafsu anda karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala pasti akan mendatangi Anda Walaupun anda sudah lupa dengan dosa dosa dan kesalahan yang lalu

Ada sebuah kisah suatu saat Imam Ali hadis bernama Muhammad bin Sirin pernah mencemooh seseorang Karena orang itu dilanda kebangkrutan Dia berkata, “Hey orang yang pailit,” begitu Kata ibnu sirin. Ucapan itu dilakukan atau diucapkan begitu saja seolah-olah ucapan itu tidak akan dibalas oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Namun kejadiannya ternyata Sesungguhnya Allah tidak lupa akan perkataan dan perbuatan di Ibnu Sirin. Lalu apa yang terjadi?

Setelah 40 tahun kemudian ucapan beliau berlalu begitu saja, ternyata terjadi kejadian yang serupa terhadapnya. Beliau bangkrut karena harus mendekam di dalam penjara karena didakwa oleh para pelayan bisnis beliau.

 Lalu bagaimana dengan diri Anda dan bagaimana dengan dosa-dosa Anda, Apakah Anda melupakan dosa-dosa anda di masa yang lalu?

Sebaiknya jangan dilupakan dan teruslah beristighfar meskipun Anda hampir-hampir melupakannya dalam sebuah catatan kamu sebelum tidur kita harus berusaha bermuhasabah menimbang dan menghitung apa yang telah kita lakukan dari mulai bangun tidur sampai mau tidur, berapa dosa yang kita lakukan berapa kebaikan yang kita lakukan kalau kita menghisab diri jangan sampai lupa lupa akan dosa dosa kita karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan membalasnyaĜ²

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar