Skip to main content

follow us

Inilah Tanda Utama Orang Mulia

Meskipun tidak tercantum dalam daftar cita-cita yang sering diucapkan manusia, menjadi orang yang mulia sudah menjadi keinginan yang ada dalamnhati setiap insan.

Asal Muasal Kata

Dalam bahasa Arab orangvyang sangat dermawan disebut kariim. Kata ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "mulia".

Secara kebahasaan maka kesimpulan yang bisa diambil antara lain:
  • Bila ingin hidup mulia maka harus dermawan.
  • Kedermawanan adalah jalan paling lapang yang bisa mengantarkan seseorang meraih kemuliaan.
Tentu saja mulia dalam ukuran ini lebih dari kesuksesan. Namun semua jadi sejajar bila ia lahir dari rahim yang sama yaitu keimanan kepada Allah SWT.

Orang Mulai atidak Kuasa Menolak

Tanda utama orang mulia adalah dermawan seperti yang diutarakan tadi. Ia tidak bisa menahan tangannya untuk memberi. Sekuat tenaga ia akan berikan yang ia punya.

Anda tentu saja pernah mendengar cerita kaum.Anshar dahulu.


╔═══ ❒❒●❒❒
AYAT HARI INI ●━┛

               _________

وَلَا يَأْتَلِ أُو۟لُوا۟ ٱلْفَضْلِ مِنكُمْ وَٱلسَّعَةِ أَن يُؤْتُوٓا۟ أُو۟لِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱلْمُهَٰجِرِينَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ وَلْيَعْفُوا۟ وَلْيَصْفَحُوٓا۟ ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ ٱللَّهُ لَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

 °Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kerabat(nya), orang-orang miskin, dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang°
[QS. An Nuur : 22]

________ 🍒

Sebuah Kisah

Pengalaman saya sebagai seorang santri di sebuah pondok pesantren di Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Cianjur. Guru saya ini sangat dermawan bahkan hingga kini saya terus mendapatkan kebaikannya.

Apakah ia kekurangan?

Sungguh tidak. Bahkan hidupnya semakinbbahagia dengannanak-anaknya yang soleh dan cucu-cucunya yang menyejukkan landangan hati dan mata.

Itulah bukti dan balasan dari sebuah kemuliaan hati. Maka jangannragu untuk tetus menebar kebaikan kepada semua orang.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar