Skip to main content

follow us

Inilah Perkara Penting Soal Problematika Keikhlasan

Betapa pentingnya perkara ikhlas dalam amal dan kehidupan. Karena ini adalah bagaikan pokok dalam setiap pekerjaan.

Coba bayangkan, gara-gara hati tidak ikhlas bisa gugur pahala amal yang mereka kerjakan.

Dia sudah lelah melakukan banyak amal tapi ternyata sangat mengejutkan di kemuduian hari amalnya tidak tercatat sebagai kebaikan.

Anda pasti bingung melihat amal baik yang anda kira bernilai pahala di akhirat tapi ternyata hanya dinilai sebagai amalan dunia dan tidak sampai bisa membawa pelakunya kepada keselamatan.

Maka sangat penting mengetahui 2 hal dalam perkara ikhlas. Karena amalan ini berat saat praktek maka dengan ini izinkanlah kami menggolongkannya sebagai problematika dan bukan masalah biasa yang bisa anda atasi dengan mudah.

Dua hal yang penting diperhatikan dan harus dihindari oleh kita yang ingin selamat dari penyakit tidak ikhlas adalah:

Pertama

Jangan berharap pujian manusia. Soal ini apakah anda merasa berat? Hampir 100 % orang yang ditanyai soal ini menjawab bahwa mereka mengakui ini sangat-sangat berat.

Soal ini ada sebuah kisah yang baik untuk disimak. Dulu, oara sahabat itu menahan-nahan tangisnya saat mereka melaksanakan shalat fardhu berjamaah.

Tentu yang anda ketahui tentang mereka adalah bahwa semua sahabat itu adil. Mereka sangat bisa dipercaya. Ini merupakan buah dari kekuatan iman mereka.

Mengapa mereka melakukannya, tidak mau terdengar menangis, tidak terdengar isak tangisnya? Karena, alasannya tadi, tidak mau dipuji sebagai orang yang khusyu dan menghayati shalatnya.

Bagaimana saat mereka shalat sunah sendirian di rumahnya. Sungguh suara ribtihan dan isak tangis itu selalu terdengar hingga air mata membasahi jenggot mereka merupqkan pemandangan biasa saja dikala itu.

Kedua

Jangan menginginkan apapun yang ada pada manusia.

Timbulnya rasa tidak ikhlas dan rakus adalah sikap ini. Apa yang ada pada manusia tidak sebaik yang ada di sisi Allah. Mungkin saja orang akan memberi anda ini dan itu tapi Allah sudah memberi jauh sebelum anda dilahirkan.

Maka ingatlah:

عدو الاخلاص رغبة في حمد الناس وطمع فيما عنداهم

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar