Skip to main content

follow us

Apa yang Lebih Baik untuk Dilakukan Bila Tidak Bisa Bersedekah?

Apa yang anda rasakan saat didepan anda ada teman yang meminta bantuan tapi anda tidak bisa memenuhinya? Di dalam hati ada semacam keperihan. Perasaan ini bukan hanya prrihatin namun juga keperihan atas diri sendiri.

Apa yang mesti dilakukan?

Pertama, upayakanlah untuk mencari cara agar anda bisa membantunya. Mungkin ada uang yang masih anda simpan, atau barang-barang yang bisa anda jual yang nantinya digunakan untuk membantunya.

Kedua, carilah kawan yang bisa memenuhi kebutuhannya. Mestinya anda sendiri yang menghubungi teman anda tersebut jangan dia yang sedang membutuhkan.

Dalam prakteknya memang tidak mudah. Orang sering kali hanya basa-basi saja. Ia katakan "Pergilah kepada si anu."

Menganjurkan atau memberitahukan  kepada orang lain adanya kawan yang membutuhkan adalah bagian dari sunnah. 

Ketiga, bila anda tidak bisa melakukan dua hal di atas anda bisa melakukan yang ketiga. Berbicaralah dengan baik kepadanya. Mintalah maafnya dan katakan anda tidak bisa membantunya.

 ۞ قَوْلٌ مَّعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّن صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَآ أَذًى ۗ وَٱللَّهُ غَنِىٌّ حَلِيمٌ

°Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya, Maha Penyantun.°
[QS. Al Baqarah : 263]

---------------- 🍒

Keempat, berdoalah kepada Allah dengan khusyu. Mintalah kesejahteraan hidup yang bisa anda gunakan untuk membantu 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar