Antisipasi Aktif Agar Jangan Sampai Menyesal di Kemudian Hari

Hadirin kaum muslimin yang saya hormati!

Allah memerintahkan ibadah kepada kita agar kita bahagia. Kalau kita tidak beramal maka kita akan sengsara. Penyesalan adalah bagian kesengsaraan yang panjang. 

Penyesalan yang dirasakan jangan sampai dibawa ke akhirat. Bila hari ini kita menyesal karena belum berbuat yang terbaik untuk orang tua. Maka jangan sampai penyesalan itu kita abaikan. Kita meski menghilangkannya dengan cara mengamalkan amalan soleh yang belum kita kerjakan.

Kita mengetahui bahwa yang paling disesali penghuni surga adalah sesaat yang tidak ada dzikir di dalamnya. Dan yang paling diinginkan oleh mereka kalau diizinkan sesaat kembali ke dunia adalah sedekah. Mereka ingin bersedekah dengan apa saja yang mereka miliki. 

Maka sebelum semuanya berakhir segeralah berzikir, bersedekah, dan beramal sebanyak-banyaknya.

Firman Allah ta’ala :

يَوْمَ تُقَلَّبُ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ يَقُولُونَ يَا لَيْتَنَا أَطَعْنَا اللَّهَ وَأَطَعْنَا الرَّسُولَا وَقَالُوا رَبَّنَا إِنَّا أَطَعْنَا سَادَتَنَا وَكُبَرَاءَنَا فَأَضَلُّونَا السَّبِيلَا رَبَّنَا آتِهِمْ ضِعْفَيْنِ مِنَ الْعَذَابِ وَالْعَنْهُمْ لَعْنًا كَبِيرًا

“Pada hari ketika wajah mereka dibolak-balikkan dalam neraka, mereka berkata: Alangkah baiknya, andai kata kami taat kepada Allah dan taat (pula) kepada Rasul. Dan mereka berkata: Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah menaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar). Ya Rabb kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar.”

[QS. Al-Ahzab : 66-68]

____ 🍒

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Antisipasi Aktif Agar Jangan Sampai Menyesal di Kemudian Hari "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel