3 Keuntungan Menulis Cepat Seketika Tanpa Persiapan


Sekali-kali cobalah menulis secara dadakan. Dengan tanpa persiapan sebelumnya cobalah tuliskan apapun yang ada dalam benak anda. Sekali-kali anda mesti memberikan tantangan untuk diri anda sendiri.

Bukankah menulis harus ada persiapan? Jawabannya bisa ya atau tidak. Justru pilihan kedua lebih baik untuk anda yang sedang belajar. Tulis saja kata pertama yang tersimpan dalam hati. Biarkanlah hatimu melayani tanganmu saat memberikan kata-kata susulan untuk kata pertama tadi.

Menulis tanpa persiapan bukan berarti tidak ada sesuatu pundalam pikiran anda. Saya ingin menyederhanakannya dengan ilustrasi berikut ini. Bila anda tadi pagi belum sempat membaca buku, koran, menonton berita, itu semua tidak anda lakukan, maka anda tidak mesti terpaku pada buku-buku atau lembaran-lembaran majalah dan koran.

Biarkanlah hatimu berfatwa. Saya kira hati anda sudah sangat “bawel” dan tidak mau diam. Tugas anda adalah tinggal menerjemahkan kata-kata itu ke dalam bentuk tulisan. Selesai!

Kemudia, alam sekitar adalah buku anda. Mengapa tidak anda tulis saja tentang indahnya langit biru dengan selendang awan putih yang megah. Atau mengapa tidak anda tuliskan indahnya pemandangan lebah yang menggetarkan sayapnya karena bahagia bertemu sang bunga. Anda tidak tahu bahwa bungitu pun bergetar karena tahu bahwa madunya akan dimanfaatkan sanga lebah. Anda sudah tahu! Tulislah!



Mengasah Intuisi

Janganlah intuisi anda dimanjakan dan malas hanya karena banyaknya buku-buku itu. Selama ini anda adalah memindahkan banyak hikmah darikata-kata yang ditulis orang lain. Saat ini asalahlah intuisi anda secara bebas dan anda hanya akan membatasinya kalau keuar dari yang semestinya.

Menabung Bahan Tulisan Berikutnya

Menulis dadakan bisa menjadi tabungan tulisan brikutnya. Kalau mandeg jangan dihapus. Anda bisa berkunjung lagi ke tulisan itu untuk melanjutkannya dengan cerita anda yang baru. Kalau sudah dapat 279 kata maka syukurilah. Untuk menjadikannya 50 kata anda tidak menambahkan 121 kata lagi.

Menghadirkan Kata-Kata yang Paling Original

Menantang diri anda dan memberikan latihan seperti ini akan menjadikan anda sebagai penulis yang membawa ciri khas anda sendiri. Cerita anda tentang langit biru tadi adalah yang paling original dan anda antas bangga dengan mengatakan “Ini asli tulisan saya!”

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel