Skip to main content

follow us

3 Aktifitas Menarik yang Menambah Inspirasi Menulis

Apakah anda sering merasa kehabisan ide saat menulis? Tenang saja itu hanya perasaan anda. Dan perasaan anda tidak mesti sama dengan yang dirasakan orag lain. Namun saya mesti menambahkan bahwa jangan sampai karena banyak yang merasakannya anda jadi merasa aman dan menikmati kebersamaan dalam barisan orang-orang yang kehilangan ide.

Berliburlah dan nikmati keseruan-kesruan yang ada di sekitar anda. Lepaskanlah perasaan dan tertawalah. Bacalah buku-buku humor yang membuat hati anda terhibur. Hiburan ini akan merangsang otak anda relax. Setelah itu bersiaplah untuk menerima hujan inspirasi yang anda tidak akan mampu membendungnya dan anda tidak akan pernah tahu dan mengira dari mana datangnya.



Ada salah seorang teman saya yang selalu blusukan sampai ke tempat-tempat yang jarang didatangi orang. Satu saat ia bercerita telah atang ke hulu sungai anu yang tempatnya sangat jauh. Ia menceritakan bahwa hulu sungainya ada di kawasan Bandung. Saya bilang, “Jauh sekali”.

Apa yang dia katakan soal kedatangannya ke tempat itu? Ia mengungkapkan “Betapa luasnya bumi yang Allah ciptakan.” Saya anya mengangguk dengan tegas. Karena, saya pernah juga berkunjung ke satu tempat yang baru pertama saya kunjungi padahal jaraknya dari tempat saya hanya setengah jam perjalanan. Saat itu hati saya juga mengatakan hal yang sama.

Teman saya tadi telah mendapatkan inspirasi yang bagus untuk mulai menuliskan kesannya yang mendalam akan kehidupan manusia yang ia temuai dan keindahan alam yang ia saksikan. Ia bersaksi bahwa semua bentang alam mulai pantai (tempat kami tinggal) hingga transisi antara pantai dan gunung menyajikan pemandangan yang bersusun menjadi keindahan.

Apa yang kedua? Saya harap anda bersabar karena saya melakukannya sambil menangkap sinyal yang lup lep ini.

Baiklah yang kedua adalah bermainlah dengan anak anda. Di matanya banyak inspirasi yang bisa anda gali. Saat ia meyebutmu Mamah maka itu bersiaplah menangkap ilham untuk tulisan anda. Saya seringkali menerima rezeki dari aktivitas bermain bersama anak saya. Bila anda tidak bisa berlibur seperti pada poin pertama tadi maka berliburlah di rumah dan nikmati kebersamaan bersama anak anda.

Masih dalam bagian ini, bila anda merasakan mandeg dalam menulis, tidak ada inspirasi, kata-kata seolah menciut dan tidak mau berkembang, ia kering dan gersang, maka itu pertanda anda harus berhenti menulis sebentar, bersabar, dan bacalah karya orang lain.

Kalau saya lebih suka membaca buku-buku yang menyajikan tokoh-tokoh dunia yang memiliki keterbatasan tapi kisahnya banyak diabadikan. Vidio-vidio yang berisi kisah-kisah inspirasi jangan juga dilewatkan.

Bagian Ketiga saya harus menyebutkan pentingnya sebuah tangisan yang hadir saat anda berdoa memohon inspirasi. Bisa jadi pikiran danhati anda tertutup banyak dosa hingga cahaya kebenaran dan hikmah terhalang karenanya. Maka inilah pentingnya anda banyak beristigfar dan memohon petunjuk.

Bisa jadi anda bukannya tidak memiliki simpanan kata-kata untuk tulisan anda. Tapi mungkin saja anda kehilangan kepekaan akibat manisnya munajat di hati telah hilang. Hati anda sesungguhnya mesti mendapatkan perawatan yang intensif agar selalu bergairah.

Bila anda tidak bisa menangisi dosa-dosa anda saat bermunajat maka menangislah karena anda tidak bisa menangisinya. Menangisi diri yang beku dan kaku serta kebas dari banyaknya karunia Allah SWT.

Semoga dengan tiga hal ini anda dibantu menemukan kembali semangat menulis dan ide anda. Selebihnya anda mesti banyak bergaul dengan orang—orang yang positif dan menyenangkan. Dengan ini anda akan terpengaruh dalam bersikap dan berpandangan. Ternyata di balik indahnya dunia ada yang lebih indah lagi. Cerita Bahagia yang Dulu Ada Kini Terulang Kembali!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar