Skip to main content

follow us

10 Ujian Berat Pecinta Ilmu

Mencintai bisa berarti mencari tahu tentang dia. Ini proses yang panjang dan dalam. Mungkin ada yang mengatakan ini berbahaya. Penuh resiko yang mesti anda siapkan mental yang kuat untuk menghadapinya. Jiwa yang besar berani menghadapinya.

Kamu mencintainya berarti ingin mengetahui apa yang paling dia suka. Maka beratanyalah langsung padanya. Bila tidak mampu anda melakukannya anda bisa menggunakan perantara. Di sini anda perlu berhati-hati.

Maaf saja, ingin kusampaikan, bahwa aku tidak sedang bercerita tentang tips mendapatkan si dia dalam maksiat. Namun saat ini aku ingin membagikan kepadamu tentang satu rahasia besar yang harus anda waspadai sebagai penuntut ilmuز



Ingat, kamu banyak mendapatkan keutamaan sebagai penuntut. Apalagi yang anda cari adalah ilmu tentang Allah. Beberapa anda bisa menyebutkannya langsung kepadaku. Namun biarlah aku mencoba mengulang ingatanku dari 1.001 keutamaan pencari ilmu.
  1. Ahli ilmu itu akan mendapatkan kehormatan sebagai pewaris para Nabi. Ungtuk menguatkannya seseorang menulis: فأهل العلم هم ورثة الأنبياء. Kamu mendapatkan kemuliaan ini bila kamu menjada syariat Allah SWT. Dan kemudian anda bisa memperoleh kehormata sebagai pemegang amanah Allah SWT di muka bumi ini. Keterangan lain menyebutkan: والعلماء هم أمناء الله على خلقه.
  2. Selain 3 hal tadi kamu adalah dokter yang sebenarnya bagi manusia. Karena kamu yang bisa menyembuhkan penyakit di jiwanya. Betapa hebatnya gangguan jiwa yang menimpa seseorang akan mempengaruhi badannya. Namun bila jiwa sehat maka kekuatannya akan melampaui kekuatan badannya. Seseorang mengatakan bahwa وهم أطباء الناس على الحقيقة.
  3. Untuk yang bagian ketiga ini saya berikan kesempatan kepada anda untuk mulai mengisinya. Aku ingin anda terlibat dalam hal ini.
Itulah yang bisa aku tuliskan kepadamu soal keutamaa-keutamaan orang yang menuntut ilmu. Siapa pun yang menginginkannya jangan sampai malas belajar. Bukankah orang-orang cerdas dan bertaqwa umat ini bila menyimak ilmu ia mengingingkan semua tubuhnya menjadi telinga. Itu saking hebatnya penghormatan mereka terhadap ilmu.

Kamu juga mesti waspada dengan 10 Ujian Berat Pecinta Ilmu. Aku ingin memberikan peringatan ini kepada anda. Hanya saja aku tidak akan mencatatkan semuanya. Aku akan mengisi sebagian nomornya saja.
  • Salah niat. Ini berbahaya. Bila kamu niatnya salah atau buruk maka ilmu yang kamu dapatkan nantinya adalah ilmu yang akan menyengsarakan anda. Bila masih ada niat busuk maka sucikanlah dan brtaubatlah. Semoga Allah memberikan karunia iman kepadamu.
  • "Diantara ujian berat penuntut ilmu ialah: Sibuk berfikir mengenai jodoh, tetapi lupa akan ajal." Begitulah seseorang menulis. Aku menilai ini benar karena berhubungan dengan poin pertama. Kalau ketaqwaan tidak sambil dipupuk yang terjadi adalah keterputusan dari rahmat Allah yang akhirnya ia akan menjadi peragu.
  • Ujian selanjutnya adalah kesombongan. Adanya sikap ini kamu tidak akan berkembang. Karena orang dengan tipe ini telah menutup dirinya dari kebaikan orang lain. Kalau bukan datang dari dirinya hati tidak mau menerima.
  • Menurut kamu apa ujian bagi penuntut ilmu selanjutnya?
  • Apakah pernah kamu merasa mendapatkan ujian saat menjadi penuntut ilmu?
  • Apa pesanmu bagi yang sedang diberikan ujian jenis ini?
Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka mengubah yang ada dalam diri mereka sendiri. Saat kamu bisa melewati tantangan ini maka kami akan menemukan bukan hanya 10 keajaiban cinta namun bisa ribuan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar