Skip to main content

follow us

Ilmu Tidak Bertambah Ibadah Salah Kaprah

Ibadah jangan hanya modal semangat, begitu kata orang tua kita. Syaikh Utsaimin banyak menekankan soal iklhas dan niat yang benar dalam beramal.

Bukan hanya itu, Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi menambahkan bahwa niat saja tidak cukup tapi juga amalannya harus benar.

Dua hal itu adalah syarat diterimanya mal oleh Allah SWT. Semuanya juga harus disertai ilmu. Karena pekerjaan yang dilakukan tanpa ilmu kerusakannya akan lebih besar dari kemaslahatannya.

Pernahkah anda membayangkan, kalau suatu saat nanti, di akhirat yang menakutkan, semua orang ketakutan, dan hisab mulai ditegakkan, lalu anda dihadapkan bersama amalan anda yang banyak.

Namun seketika itu pula amalan anda dilemparkan ke muka dan dinyatakan tertolak hingga berhamburan bagaikan debu yang berterbangan.

Bagaimana caranya agar tidak sampai mengalami hal yang tidak membahagiakan seperti di atas? Caranya adalah dengan terus menambah ilmu dan mengamalkannya. Carilah ilmu yang menguliti kesalahan diri saat beribadah.



Kemudian jangan sekali-kali berbuat ghibah yang hanya akan membuat anda pailit di akhirat dan hanya mendatangkan kesedihan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar