Bermacam Amalan yang Bikin Banyak Peluang Bahagia

Sesungguhnya agama Islam adalah agama yang membahagiakan. Banyak yang ingin bahagia dan mereka memilih Islam. Orang-orang cerdas saja memilih Islam. Kalau orang yang tidak cerdas mudah saja ikuti saja orang cerdas maka akan selamat.

Islam agama yang lapang. Sengaja dijelaskan banyak amalan agar tidak bosan melakukan yang itu-itu saja. Pertama soal niat. Ini yang mesti terus disucikan. Amalan yang sepertinya mubah namun bisa bernilai ibadah apabila niatnya baik dan ikhlas.

TAPI TUNGGU DULU!!!

Ternyata tidak hanya soal niat. Amal-amal itu mesti dilakukan dengan ilmunya. Karena amal yang dikerjakan dengan ilmu akan lebih cepat sampai dan peluang kebenarannya akan bisa dipertanggungjawabkan.

Kalimat-kalimat di atas memang saya rasakan belum menjelaskan apa-apa. Benar, tapi setidaknya ada usaha saya ke arah itu. Memang di antara manusia ada yang mampu menjelaskan hal rumit dengan mudah dan sangat sederhana.



Seperti ungkapan Ibn Atha-illah berikut ini:

تَنَوَّعَتْ أَجْنَاسُ الأَعْمَالِ لِتَنَوُّعِ وَارِدَاتِ الأَحْوَالِ

Bagaimana anda akan menjelaskan ungkapan di atas? Syaikh ini menjelaskan mengapa kita harus rajin beramal dengan amalan yang bermacam-macam. Jawabannya adalah karena karunia Allah yang diberikan kepada hambanya juga bermacam-macam.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel