Skip to main content

follow us

Tips Mempertahankan Suasana Ramadhan Setelah Ramadhan

Berbahagia rasanya saat menyambut Ramadhan. Bulan ini memang diistimewakan oleh Allah. Meskipun setiap detik yang anda lalui mestinya dinilai sebagai hadiah dan karunia yang sangat berharga.

Setelah Ramadhan berakhir anda wajib mempertahankan kwalitas dan kwantitas ibadah anda. Pertama, anda wajib mempertahankan shalat anda. Ramadhan ini erat kaitannya dengan shalat hingga Rasulullah menyebutkannya dengan pahala yang sangat istimewa. Rasulullah saw bersabda, "Siapa saja yang shalat dengan iman dan muhasabah penuh ikhlas maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu."

Tips Mempertahankan Suasana Ramadhan Setelah Ramadhan

Saat di Bulan ramadhan anda menjaga shalat anda maka setelah Ramadhan selesai anda harus berkomitmen untuk tetap mempertahankan shalat anda. Ini meliputi menjaga waktu-waktunya dan juga kekhusyuannya.

Kedua, anda wajib mempertahankan dzikir-dzikir anda. Saat anda meyakini bahwa doa-doa dikabulkan di bulan Ramadhan maka anda pun giat sekali berdoa. Maka kegiatan anda ini mesti anda lakukan juga setelah Ramadhan.

Ketiga, Ramadhan ini berkaitan erat bahkan intinya adalah puasa. Setelah Ramadhan berakhir anda harus melakukan amalan puasa-puasa. Ini sangat bermanfaat. Dan secara psikologis terbukti bahwa orang yang berpuasa tidak mau melakukan kesia-siaan.

Keempat, tilawah Al Qur'an. Selain berkaitan dengan puasa, shalat, dzikir, Ramadhan juga berhubungan erat dengan tilawah Al Qur'an. Maka setelah berakhirnya Ramadhan anda wajib membaca Al Qur'an dan membuat waktu khusus untuknya.

Kelima, sedekah. Melalui tauladan Nabi Muhammad dalam bersedekah saat Ramadhan kita tahu bahwa berpuasa Ramadhan ini berkaitan erat dengan aktivitas sedekah. Maka di luar Ramadhan anda mesti mengerjakan amalan ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar