Skip to main content

follow us

Doa Berbuka Puasa Sesuai Sunnah

Yang mana Doa Berbuka Puasa Sesuai Sunnah? Banyak sekali orang yang bertanya, menanyakan bacaan doa yang dibaca Rasulullah saw atau yang bila dibaca bernilai sunnah. Bila demikian alangkah baiknya bila anda membacanya dari kitab-kitab yang otoritatif.

Dalam hal doa saat puasa, tentu ada kaitanyya dengan ayat yang terdapat dalam rangkaian ayat-ayat puasa. Teradapat firman Allah yang mengabarkan tentang doa dalam rangkaian ayat-ayat tadi. Dalam hal ini, rahasianya antara lain, anda mesti banyak berdoa tatkala anda berpuasa.

Baca juga:
Doa Bepergian Jauh dan Dalam Perjalanan

Doa Berbuka Puasa Sesuai Sunnah
Doa Berbuka Puasa Sesuai Sunnah 
Termasuk dalam lingkup ini adalah doa berbuka puasa. Karena doa ini masih satu rangkaian dengan ibadah puasa. Alangkah baiknya anda menghapalkan doa-doanya agar mendapatkan fadhilah yang besar dalam mengamalkannya.

Rasulullah SAW bersabda:

للصَّائمِ عِندَ إفطارِهِ دَعوةٌ مُستجابةٌ

Periwayat, Ibnu 'Umar, mengamalkan hadits ini dengan mendoakan anak dan keluarganya setiap kali berbuka puasa. Karena hadits ini menyatakan bahwa doanya orang yang berpuasa itu mustajabah.


Berikut ini doa-doa berbuka puasa;

  • Dalam kitab Sunan Abu Dawud terdapat riwayat doaberikut ini:
ذهب الظمأُ، وابتلَّت العروقُ، وثبت الأجرُ إن شاء اللهُ
  • Dalam kitab Sunan Ibnu Majah terdapat bacaan doa ini;
اللهم إنّي أسألُكَ برحمتِكَ التي وسِعَتْ كلَّ شيءٍ أن تغفِرَ لي
  • Dalam riwayat Abu Dawud secara mursal terdapat bacaan doa berikut ini;
اللهمَّ لكَ صمتُ، وعلى رِزْقِكَ أفطرتُ

Yang juga jangan sampai terlewatkan saat menjalani hari-hari selama berpuasa adalah bacaan Al Qur'an. Karena ini bagian dari dzikir yang mengandung banyak doa. Tentu saja kebaikannya akan mencerahkan hati.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar