Skip to main content

follow us

Hakikat Pengendalian Nafsu di Bulan Ramadhan

Hakikat Pengendalian Nafsu di Bulan Ramadhan

Sungguh beruntung orang yang sampai usianya di bulan Ramadhan. Ini adalah peluang emas bagi anda untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan lainnya. Bukankah telah tersiar kabar di antara kita semua bahwa anda yang melakukan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Anda juga bisa membaca artikel ini Contoh Tema Artikel Ramadhan yang Paling Banyak Dicari di Bulan Ramadhan.

Bahkan hingga engkau belajar dan mengajar pahalanya akan melebihi pahala aktivitas ini selain di Bulan Ramadhan. Sangat pantas dan layak anda mendapatkan kemuliaan ini karena anda meraihnya dengan susah payah.

Credit: doame.wordpress.com
Mengelola diri adalah mengolah batin agar sesuai dengan yang seharusnya. Termasuk bagian yang paling inti dalam diri seorang manusia adalah mengelola nafsunya agar menjadi pemicu kebaikan yang dahsyat. Baca kisah orang yang belum bisa mengendalikan nafsunya di sini.

Di Bulan Ramadhan sekarang inilah adalah waktu yang paling tepat untuk mengendalikan semuanya. Dan ini adalah kancah pendidikan yang akan berurat dan berakar setelah Ramadhan telah berakhir. Dampak baiknya akan terasa saat berada di lingkungan bukan Ramadhan selanjutnya hingga bertemu lagi pada bulan Ramadhan.

Hakikat Pengendalian Nafsu di Bulan Ramadhan

Untuk memperkuat amalan anda dalam menempuh cara-cara pengendalian hawa nafsu di bulan suci Ramadhan ini akan kami sertakan pula sebuah catatan dari Syaikh Ibn Atha-illah yang akan menggugah anda dalam melaksanakannya.

لَوْلاَ مَيَادِيْنُ النُّفُوْسِ مَا تَحَقَّقَ سَيْرُ السَّائِرِيْنَ إِذْ لاَ مَسَافَةَ بَيْنَكَ بَيْنَهُ تَطْوِيْهَا رِحْلَتُكَ وَلاَ قَطْعَكَ بَيْنَكَ وَ بَيْنَهُ حَتَّى تَمْحُوَهَا وَصْلَتُكَ.

Artinya:

Andaikan tidak ada lapangan perjuangan melawan hawa nafsu, pasti tidak akan terbukti nyata perjalanan orang-orang yang menuju kepada Allah, sebab memang tidak ada jarak antara dirimu dengan Allah untuk dijalani dengan kendaraan, dan juga tidak akan pernah terputus antara dirimu dengan Allah sehingga dapat disambung oleh hubunganmu.

Kata-kata ini mungkin tidak anda pahami semunya. Namun setidaknya kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran. Anda dan kita semua sedang berada dalam camp pelatihan yang dahsyat di bulan suci ini. Dan pendidikan ini bukan main-main tapi sungguh-sungguh karena nanti setelahnya ada pertempuran yang akan menentukan siapa yang menjadi prajurit terbaik.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar