Skip to main content

follow us

Doa Penghapus Kesedihan Dzunnun, Yunus Alaihi Assalam

Doa Penghapus Kesedihan Dzunnun, Yunus Alaihi Assalam

Sebelumnya telah anda baca Doa Menghilangkan Kesedihan Nabi Musa Alaihi Assalam. Sekarang anda akan membaca doa yang dibaca oleh Nabi Yunus 'alaihissalm. Sebelumnya Nabi Yunus dijuluki dengan Dzunnun karena ia ditelan ikan Nun yang sangat besar.

Saat itu Nabi Yunus pergi menjauh dari kampungnya dengan perasaan yang marah dengan kedurhakaan kaumnya. Hingga ia dilemparkan ke samudera dan ditelan ikan Paus. Ia menyadari kekeliruannya dan kesedihannya akan hal tersebut sangat mendalam.

Doa Penghapus Kesedihan Dzunnun, Yunus Alaihi Assalam
Doa Penghapus Kesedihan Dzunnun, Yunus Alaihi Assalam

Dalam sebuah keterangan disebutkan:

وَمِنْ جَمِيْلِ الْقَوْلِ دعاء ذي النّون في التخلص من بطن الحوت حين قال: لا إله إلّا أنت سبحانك إنّي كنت من الظّالمين.
Artinya:

Di antara bacaan yang bagus untuk menghilangkan kesediahan adalah Doa Nabi Yunus saat ia menyelamatkan diri dari perut ikan. Ia membaca doa: 

لا إله إلّا أنت سبحانك إنّي كنت من الظّالمين

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazzhaalim

Tidak ada tuhan selain Engkau, maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim.

Demikian doanya Nabi Yunus 'alaihissalam. Dalam redaksi doanya tidak disebutkan permintaan untuk dihilangkan kesedihan. Namun yang ada adalah kata-kata merendah yang penuh penyesalan dengan diawali pengagungan kepada Allah SWT.

Sesungguhnya Allah SWT maha tahu akan apa yang anda butuhkan dan anda maksudkan. Mengagungkan, memuji, merendahkan diri adalah paket doa yang tidak boleh hilang dari doa-doa anda. Bahkan hingga anda tidak meminta apapun tetap Allah akan memberikan kepada anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar