Kapan Waktu yang Tepat Melatih Anak Berpuasa?

Tentu anda masih "agak" ingat saat dulu dilatih berpuasa oleh ayah dan bunda. Sepertinya tanpa disuruh pun anda mau dan sangat antusias menjalankan puasa. Apa yang menjadi penyebabnya? karena anda iikut-ikutan teman TK atau SD anda bukan? Baca juga Kebiasaan Buruk Menjelang Ramadhan

Penulis pun masih ingat sebelum masuk Sekolah Dasar sudah terbiasa berpuasa. Berarti kalau diperkirakan usia saat itu sekitar 5 tahun. Dan yang terjadi memang seperti itu. Dulu, saat Ramadhan akan menjelang di sekitar komplek pemukiman selalu terlihat suasana yang berbeda yang masih terkenang.

Kapan Waktu yang Tepat Melatih Anak Berpuasa?
Kapan Waktu yang Tepat Melatih Anak Berpuasa?
Syi'ar atau gebyar Ramadhan sangat terasa. Mulai adanya tabuhan beduk yang menandakan Ramadhan akan tiba hingga disambut dengan karnaval oncor. Bunyi petasan pun sangat mengharu biru meskipun masih jarang karena sat itu bunyi 'karbit" yang lebih terdengar.

Tentunya suasana seperti ini menarik minat anak-anak untuk ingin tahu. Patra orang tua dan guru ngaji pun selalu memberikan bimbingan dengan bahasa yang dapat dipahami oleh anak-anak. Dan mereka pun tahu bahwa yang namanya puasa adalah tidak boleh makan dan minum dan boleh bermain.

Namun begitu, menurut medis kapan usia yang tepat bagi anak untuk dilatih berpuasa? Untuk menemukan jawabannya penulis mengutip pernyataan seorang dokter di rumah sakit Hasan sadikin Bandung seperti yang dimuat oleh harian umum Pikiran Rakyat edisi 26 Mei 2017 berikut ini:
"Kapan puasa, biasanya 4 tahun itu mulai mengenalkan ritual puasa seperti tarawih, ngaji sahur, buka. Biasanya kita baru mmprbolehkan puasa setengah hari ketika usia 5-6 tahun, setelah itu naikan jamnya bertahap agar anak kuat,"

Sebaiknya para orang tua lebih intensif dan telaten mengawasi anaknya. Ayah dan bunda tidak boleh lengah jangan sampai anaknya dehidrasi. Jangan lupa memberi asupan makanan yang bergizi dengan lebih banyak memberikan makanan yang memiliki indeks air yang banyak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel