Skip to main content

follow us

Ihya Al-Mawat, Ajaran Islam untuk Pengembangan Pertanian dan Perkebunan

Salah satu karakteristik agama Islam adalah syumuliah. Maknanya adalah Islam meliputi segala aspek kehidupan. Islam mengatur dunia agar menjadi kebaikan bagi manusia secara luas.

Aspek pertanian dan perkebunan tidak luput dari sentuhan ajaran Islam. Bisa kita temukan dalam banyak ayat adanya muatan ajaran Islam. Disebutkan bahwa Allah telah menyiapkan bumi ini dan melengkapinya dengan unsur-unsur kehidupan bagi Makhluknya.

Di antara ajarana Islam tentang hal ini adalah anjuran untuk membuka lahan yang belum dimanfaatkan untuk ditanami tanaman yang bermanfaat. Disebutkan dalam sebuah keterangan bahwa kita diperintahkan menanam benih meskipun kiamat sedetik lagi akan terjadi.

Saat  bertani pun tidak luput dari muatan ajaran Islam. Dalam Surat Al-Kahfi bisa anda temukan ajaran yang sangat istimewa tentang kewajiban menyerahkan semuanya kepada Allahdan menghilangkan sifat takabur dan merasa semua hasil berdasarkan kecerdasannya.

Kini, ajaran agama Islam telah banyak diikuti oleh banyak kalangan. Bahkan bukan hanya orang Islam saja yang mengikutinya namun yang muslim pun telah banyak pula yang mengamalkannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar