HILAL, KENAPA DIRIMU SANGAT DICARI DI AWAL RAMADHAN?

Bercerita tentang Ramadhan tidak akan ada habisnya. Ini sesuatu yang bisa dipandang dari berbagai dimensi dan muatan. Ada yang melihatnya dari sisi teknologi, ada juga dari dunia bisnis. Tentu saja itu semua sudut pandang yang mewarnai indahnya Ramadhan di mata orang yang menyaksikannya.

Berikut ini kami lansir sebuah artikel menari buah tangan dari Aldi Taufik. Ia adalah pelajar di MAS Al-Holiliyah Cidaun dengan mengambil keahlian Ilmu Pengetahuan Alam sekaligus sebagai Ketua Ekstrakurikuler Jurnalistik di Madrasah yang sama. Dalam catatannya ia akan mengulas tentang Hilal. Selanjutnya silahkan membaca.

HILAL, KENAPA DIRIMU SANGAT DICARI DI AWAL RAMADHAN?

Oleh: Aldi Taufik



Jika pada tanggal 29 syaban anda melihat tv one, pasti yang ada hanya berita tentang rukyatul hilal. Banyak orang yang mencari cari hilal dari seluruh negri. Namun pernahkah anda perfikir kenapa jaman sekarang masih dilakukan pencarian hilal sementara jaman sekarang sudah ada kalender hijriyah hasil hisab ?

Oke lah, ada sebuah hadis yang menyuruh kita melihat hilal, jika hilal tidak terlihat, maka sempurnakanlah sya ban 30 hari.

Ngomong-ngomong, hilal itu apa yah ?

Hilal itu adalah nama lain bulan baru setelah bulan mati, di sekolah dasar kita tau bahwa bulan itu mengelilingi bumi 29 setengah hari, dan pada antara tanggal 29-1 bulan sejajar dengan matahari hingga pada malam malam tanggal 29-1 hijriyah kita tak akan melihat bulan.

Kenapa mesti bulan ?

Karena kalender hijriyah adalah kalender komariyah yang artinya penghitungan hari pada kalender hijriyah di dasarkan pada peredaran bulan. Satu kali bulan mengelilingi bumi sama dengan 1 bulan.
Nah, jadi tau kan kenapa hilal sangat di cari pada saat awal bulan ramadhan, bukan hanya pada awal bulan ramadhan saja, pada awal bulan bulan hijriyah yang lain juga di lakukan hal yang sama, mencari sang hilal.

Oke, itu saja yah.....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "HILAL, KENAPA DIRIMU SANGAT DICARI DI AWAL RAMADHAN?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel