Skip to main content

follow us

Siti Sutijah, Ngabuburitnya Tadarusan Aja

Sahabat sekalian, beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kiriman tulisan dari saudari Siti Sutijah. Beliau masih belajar di MAS Al-Holiliyah Cidaun mengambil jurusan IPA. Pada artikel ini ia membahas tentang sebuah gerakan membaca Al-Qur'an yang sedang trend di masa kini.

Baca juga Apa yang Seharusnya Kita Lakukan di Bulan Ramadhan?

Siti Sutija, Ngabuburitnya Tadarusan Aja
Ketiga dari Kiri

Selengkapnya silahkan ikuti catatan ini.

Asalamualikum wr.wb

Marhaban ya ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim. Karena dibulan yang penuh berkah ini setiap umat muslim pasti berbondong-bondong menyiapkan diri untuk beribadah kepada Allah swt. Seperti pesan Rasulullah saw.”Wahai manusia!sungguh telah datang kalian bulan Allah dengan membawa berkah,rahmat  dan magfhirah. Bulan yang paling mulia disisi Allah. Hari-harinya adalah hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Dibulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih,tidurmu menjadi ibadah,amal-amalmu diterima dan doa-doamu di ijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat dan hati yang tulus dan hati yang suci. Agar Allah membingbingmu untuk melakukan syiam dan membaca kitab-Nya.”

Dibulan suci ini juga di bukakan nya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Makanya tak heran jika seluruh umat muslim menyiapkannya dengan penuh semangat. Mulai dari mengadakan syukuran , ngabuburit dadakan , tadarusan dan lain-lain. Tapi tidak hanya itu juga , lahir batinnya juga harus siap dong. Dan untuk mengisi kekosongan kita diwaktu bulan yang penuh berkah ini jangan cuman duduk-duduk dan ngomonin hal-hal yang gak baik. Mendingan kita menjaga lisan kita dengan TADARUS sambil ngabuburit.  Gak susah kok setiap hari minimal 1 juz(one day one juz ).

Tadarus itu adalah membaca, merenungkan , menelaah dan memahami kitab suci Allah sebagai wahyu pertama yang diturunkan dibulan ramadhan.”bulan ramadahan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an,sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil ). Karena itu,barangsiapa diantara kamu ada dibulan itu,maka berpuasalah”(QS.Al-Baqarah:185). Nah, kalian tau banyak loh manfaat dan keutamaan dari tadarus apalagi kalo membacanya pada malam laitulqadar. Manfaatnya seperti:

Dengan tadarus pahala kita akan dilipat gandakan. Karena, Allah swt selalu menjanjikan pahala yang besar untuk umatnya yang taat dan beriman. Termasuk dengan membaca Al-Qur’an ini. Karena, tidak hanya membacanya,mendengarkanya saja sudah dapat pahala lohh, apalagi kalo sampai mengamalkannya. Subhanallahh yaa ...!

Terciptanya kedamaian hati. Setiap orang kalo udah membaca al-quran pasti hatinya damai , tentram dan lain-lain

Menjadi sebaik-baiknya manusia. Tidak ada manusia yang lebih baik daripada orang yang mau bekajar dan mengajarkan al-quran.

Memperoleh kebaikan yang berlipat

Memberi syafaat di hari kiamata

Dikumpulkan disurga bersama malaikat
Nah, untuk kalian ayolah puasa nya kita penuhi dengan membaca al-quran agar banyak manfaatnya di dunia maupun di akhirat. Tadarus merupakan amalan mulia yang dianjurkan Nabi Saw, terutama pada bulan ramadhan. Untuk itu , ayo come on jangan biarkan bulan ramdahan kali ini berlalu tanpa tadarus Al-Qur’an.

Wallahualam..
Wasalamualaikum wr.wb

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar