Skip to main content

follow us

Menyaksikan Kehidupan Islam di Pesantren Pagelaran Subang dari Dekat

Mungkin saja ada yang belum tahu pesantren Pagelaran di Subang. Seperti yang terjadi pada saya beberapa hari yang lalu. Saat guru kami mengajak ke Pagelaran saya mengira itu ada di Cianjur.

Saya sangat ingin mengenal pesantren ini dari dekat. Saya rela sejenak meninggalkan mesjid dan kebun di kampung untuk salah satunya mengetahui pesantren ini. Saya berangkat dengan penuh semangat.

Tiba di lokasi sekitar pukul 09 siang. Yang kami tuju adalah Pagelaran 3. Dengan mata kepala terbuka saya menyaksikan pesantren ini cukup besar dan mewah. Sejumlah bangunan besar ada di lokasi ini.

Bukan hanya besar, pesantren ini memperlihatkan kwalitasnya dalam percaturan penyebaran ajaran Islam di tanah air. Delapan pesantren Pagelaran telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan.

Catatan ini seharusnya sangat panjang namun kami sengaja meringkasnya. Satu tambahan lagi, pesantren ini telah mampu menghasilkan ulama dan syuhada yang berjihad dengan pena dan senjata.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar