Skip to main content

follow us

Keutamaan dan Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

Keutamaan Puasa Ranadhan banyak disinggung dalam banyak keterangan dari rasulullah saw.. Orang yang berpuasa dengan iman dan berharap Ridho Allah akan mendapatkan ampunan Allah SWT. Di keterangan yang lain disebutkan bahwa orang yang berpuasa dengan iman dan ihtisaban akan keluar dari ramadhan seperti bayi yang baru dilahirkan ibunya.

Maka dengan demikian anda mesti bersiap menyambut Ramadhan dengan hati yang ikhlas dan ilmu yang luas. Segala upaya untuk membuat pelaksanan ibadah ini berkwalitas dan lancar harus dilakukan. Cek kesehatan dan mengulik tips-tips kesehatan penting untuk segera dicari dengan sungguh-sunggu agar nanti dipraktekkan.

Berikut ini kami sertakan sebuah kiriman artikel dari sahabat Hinda Sri Kurnianingsih yang masih duduk di bangku Madrasah Aliyah Al-Holiliyah di Cidaun jurusan MIA yang mengambil rujukan dari berbagai posting dan artikel.

Keutamaan dan Tips Sehat Berpuasa Ramadhan
Hinda Sri Kurnianingsih

Assalamualaikum warrahmatullah wabbarakatu sahabat apakah anda tahu apa itu puasa Ramadhan ? Puasa Ramadhan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Menurut ajaran islam puasa di bulan ramadhan dapat menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini ,  Namun harus dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : “Allah berfirman,’Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah,’Saya sedang berpuasa’. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya’. “ (HR. Bukhari dan Muslim) .

Sahabat pada saat kita berpuasa pasti tubuh kita terasa lemas , lesu dan lelah . tapi , tahukah anda sahabat ? Terdapat banyak keutamaan puasa . keutamaan puasa diantaranya sebagai berikut :

  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pahala yang Tak Terhingga
  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan 
  • Puasa akan Memberikan Syafaat bagi Orang yang Menjalankannya
  • Bau Mulut Orang yang Bepuasa Lebih Harum di Hadapan Allah daripada Bau Misik/Kasturi
  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pengampunan Dosa
  • Bagi Orang yang Berpuasa akan Disediakan Ar Rayyan

Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : “Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama  Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka,’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut”. (HR. Bukhari dan Muslim) .

Sahabat Apakah kalian tahu ? meskipun kita berpuasa tapi pola makan kita perlu di jaga . Inilah tips sehat berpuasa Ramadhan :

  • Minum yang cukup. Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.
  • Makan yang sehat. Anda sebaiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan Anda. Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.
  • Jangan langsung berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.
  • Jangan makan terlalu banyak. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih.
  • Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.
  • Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.
  • Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi.
  • Minimalkan penggunaan tenaga fisik. Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.
  • Penderita diabetes. Penderita diabetes harus secara teratur memonitor gula darah mereka, cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.
  • Orang yang lemah fisik. Puasa seharusnya tidak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis. Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila tetap berpuasa, mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Demi keselamatan yang lebih baik, disarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.
  • Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis. Orang yang harus mendapatkan pengobatan berkala harus mendapatkan saran dari dokter dan ustadz mereka. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.

Semoga pembahasan di atas dapat mendorong kita agar lebih bersemangat untuk mendapatkan keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan dengan cara menghiasi hari-hari di bulan yang penuh berkah tersebut dengan amal saleh yang sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya yang mulia. Aamiin

Demikian artikel yang sangat bermanfaat ini. Rasulullah saw bersabda, "Di antara tanda-tanda bagusnya keislaman seseorang adalah meninggalkan hal-hal yang tidak berguna." Maka saat Ramadhan tiba anda harus jeli mana yang penting untuk dilakukan dan mana yang tidak penting.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar