Jangan Makan Berlebihan Saat Buka Puasa Ramadhan

"Jangan Makan Berlebihan Saat Buka Puasa" adalah anjuran dokter kepada umat muslim yang menjalankan puasa. Biasanya orang sangat bernafsu semenjak sore melihat aneka makanan yang "sepertinya" enak.

Makan berlebihan saat berbuka bisa jadi kontraproduktif. Bukannya tambah kuat malah tambah lemas. Mengapa demikian? Para ahli mengatakan itu disebabkan adanya peningkatan kerja usus saat mencerna makanan. Dengan demikian karena ada konsentrasi di area perut yang besar akhirnya jadi lemas.

Baca juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Jangan Makan Berlebihan Saat Buka Puasa
Jangan Makan Berlebihan Saat Buka Puasa
Yang bisa dilakukan adalah tidak langsung makan besar saat berbuka puasa. Mungkin pertama-tama dengan kurma dulu tiga biji. Setelah lima belas menit lalu minum satu gelas air. Setelah itu Shalat Maghrib dulu.

Makan yang manis-manis saat berbuka memang sunnah dan penting menurut ahli kesehatan. Pertama untuk menambah asupan gula dara, meningkatkan energi tubuh, dan juga sunnah. Namun apabila berlebihan hasilnya menjadi tidak baik. Bahkan bisa jadi tubuh malah jadi lesu.

Makan besar bisa dilakukan sehabis Shalat Zhuhur. Itu pun harus sesuai porsinya. Dan menurut para ahli porsi makanan yang dimakan saat berbuka sama seperti makan biasa. Bila ditambah atau dikurangi malah akan menimbulkan gejala yang tidak baik terhadap tubuh kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel