Skip to main content

follow us

Agar Mag Tidak Menghalangi Berpuasa Ramadhan

Semangat menjalankan ibadah sering kali membuat orang menjadi "keras hati" dan ingin menjalankan puasa seperti mereka yang sehat. Pada bula Ramadhan rasanya tidak mengasyikkan apabila tidak bersama-sama berpuasa.

Mereka berpikir, "Biarlah tidak bisa berpuasa di bulan, bulain lain. Tapi untuk Ramadhan harus."

Baca juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Agar Mag Tidak Menghalangi Berpuasa Ramadhan
Agar Mag Tidak Menghalangi Berpuasa Ramadhan
Begitulah yang dipikirkan orang-orang yang ingin menjalankan puasa Ramadhan meskipun kondisinya sedang sakit atau sedanga ada gangguan pada tubuhnya yang mengurangi ketahanan tubuh saat menjalankannya.

Termasuk ke dalam hal ini adalah orang yang menderita penyakit mag. Sakit yang sering terasa di area perut ini bisa menjadi penghalang pengidapnya berpuasa. namun bukan berarti tidak boleh sama sekali. Bila keadaannya tidak para tentu boleh dengan beberapa ketentuan.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit mag sehingga bisa menjalankan puasa ramadhan. Dan ini sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter yang menangani anda selama ini.

Cara yang paling umum adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang awet kenyangnya. Ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan berserat tinggi termasuk sayuran dan buah-buahan.

Asupa makanan yang berkarbohidrat sebaiknya yang mengandung karbohidrat kompleks. Asupan makanan yang mengandung zat tersebut antara lain sereal gandum dan berasa merah. Bila ingin mendapatkan kesempatan berpuasa Ramadhan mengapa tidak kita upayakan.

Sebelum berpuasa, saat sahur sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan-makanan yang meningkatkan produksi asam lambung. Menu-menu makanan yang pedas, asam, mie instant, cokelat, kopi, dan yang lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi.

Bila perlu, pengidap mag bisa menggunakan obat-obat enahan rasa sakit karena asam lambung. Obat-obatan tersebut sebaiknya mendapatkan lisensi dan sesuai resep dokter. Ini bisa dikonsumsi 30 menit sesudah atau sebelum sahur.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar