Perang Rasulullah saw. Pada Bulan Ramadhan

Peperangan Rasulullah saw di Badar terjadi pada Bulan Ramadhan. Apa saja hikmah yang terkandung di dalamnya. Untuk tema ini telah bayak kitab yang menulis hikmah-hikmahnya. Alangkah baiknya bila kita menelaah kitab-kitab tersebut.

Rasulullah saw. menyuruh para sahabat berbuka apabila telah dekat dengan musuh agar mereka memiliki kekuatan ntuk memerangi mereka. Beliau pergi berperang pada bulan Ramadhan. Bahkan perang badar terjadi pada bulan Ramadhan.Dan Allah memberinya kemenangan yang dunia tidak pernah mendengar kemenangan yang serupa.

Baca juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Perang Rasulullah saw. Pada Bulan Ramadhan
Perang Rasulullah saw. Pada Bulan Ramadhan
Rasulullah saw. berbuka pada dua peperangan yang terjadi pada bulan Ramadhan seperti yang diriwayatkan Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad dari sayidina Umar radhiallahu 'anhu. Rasulullah juga memberi batasan jarak perjalanan yang memungkinkan orang yang berpuasa dapat berbuka. Tidak ada hadits shahih pun yang berkata tentang hal tersebut.

Adapun hikmah yang bisa kita petik antara lain agama ini harus ditegakkan dengan kesungguhan. Ketaatan tanpa penolakan meskipun harus berjuang di medan perang dengan persenjataan seadanya dan bekal untuk menuju ke sana sangat minim.

Demikian ulasan mengenai perang Rasulullah yang terjadi di Bulan Rramadhan. Semoga Allah memberikan kita kesabaran atas ketaatan kepada Allah swt. Hanya kepada Allah kita menggantungkan harapan dan doa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel