Skip to main content

follow us

Moving Class, Metode Pembelajaran Menyenangkan di Bulan Ramadhan

Moving Class ini ada sejak dahulu kala. Ini bukan barang baru bahkan ini metode lama. Sejak manusia pertama diciptakan metode belajar seperti ini telah diajarkan. Nabi Adam alaihissalam diajarkan Allah benda-benda di hadapanNya. Lalu diuji oleh para malaikat. Setelah itu diajarkan namanya larangan di sorga. Setelah itu diajarkan hidup di dunia.

Yang kami dimaksud Moving Class dalam artikel ini adalah metode pembelajaran aktive dari satu guru ke guru yang lain setelah selesai dari guru yang pertama. Suasananya harus berubah dan kelasnya juga berpindah.

Baca juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Moving Class, Metode Pembelajaran Menyenangkan di Bulan Ramadhan
Moving Class Ramadhan

Suasana dan lingkungan kelas harus berubah agar orang-orang yang belajar tidak jenuh. Gurunya kalau bisa juga berganti agar setiap yang ikut belajar merasa terus fresh. kalau bisa kelasnya dipecah pesertanya menajadi kelompok-kelompok kecil.

Selanjutnya metode guru mengajar harus menggunakan metode yang aktif dan menyenangkan. Metodenya harus bertumpu pada porsi praktek langsung sehabis mendegar penjelasan gurunya. Adapun materinya disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengapa Moving Class menjadi sangat penting diterapkan di Bulan Ramadan? Salah satu alasannya adalah menghadirkan keceriaan dan menjaga kwalitas dan ketahanan dalam belajar. Tidak bisa dipungkiri, belajar pada bulan ramadan sering terisi dengan mengantuk dan mendengkur.

Bagaimana strateginya? Strategi yang harus dilakukan adalah membuat satu pembelajaran berantai dan bersinambung antara guru pertama dengan guru berikutnya. Guru pertama harus menyiapkan instrumen pembelajaran yang akan ditindaklanjuti oleh guru yang kedua. Begitu seterusnya hingga kembali kepada guru pertama tadi.

Kelas ini dibuat seperti perlombaan dalam kepramukaan. Setiap kelompok harus berupaya mencari jawaban atas pertanyaan yang disampaikan dalam setiap season. Dan nanti di akhir season diadakan pengumuman kejuaraan. Kelompok mana yang terbaik siapa yang terbaik untuk hari tersebut.

Jadi kalau demikian Moving Class ini harus dialakukan oleh team yang solid. Sebelumnya harus ada modul yang meliputi materi dan tata cara penggunaannya. lalu siapa pegang apa dan tugasnya apa diputuskan dalam musyawarah.

Semoga upaya mencerdaskan generasi Islam akan tetap berlangsung dengan baik di Bulan Suci Ramadan. Segala upaya baik berupa metode dan strategi yang disinyalir akan mendatangkan manfaat tentu harus diujicoba dan diteliti bagus atau tidak.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar