Bagaimana Caranya Agar Tidak Lemas Saat Berpuas Ramadhan?

Bagaimana Caranya Agar Tidak Lemas Saat Berpuas Ramadhan?

Ini adalah pertanyaan yang banyak diajukan oleh kaum muslimin yang ingin menjalankan puasa minus lemas. Harapannya kalau puasa nanti badan tidak merasakan yang namanya lesu. Vitalitas terjaga dan bisa beraktivitas layaknya orang yang tidak sedang berpuasa.

Mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lemas saat berpuasa.

Simak juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Bagaimana Caranya Agar Tidak Lemas Saat Berpuas Ramadhan?
Bagaimana Caranya Agar Tidak Lemas Saat Berpuas Ramadhan?
Pertama
Lakukan puasa sebelum datangnya Ramadhan. Sebut saja ini sebagai latihan dan pemanasan. Ini juga dapat diartikan sebagi sarana bagi tubuh beradaptasi dengan jadwal makan yang akan berubah. Kemudian sesuaikan aktivitas sebelum Ramadhan dengan aktivitas yang akan dilakukan di bulan Ramadhan.

Alasannya sederhana saja. Tubuh akan menolak sesuatu yang tidak ada penyesuaian dari awal Kalau sebelumnya kita makan pagi pukul 07 sekarang tiba-tiba harus makan di pukul 04. Itu akan membuat tubuh melakukan resistensi.

Kedua
Makan sahur secukupnya dengan makanan yang bernutrisi tinggi, banyak kadar seratnya, dan gizinya tinggi. Caranya tidak boleh salah. Sangat tidak dianjurkan makan makanan saat sahur dengan takaran banyak sekaligus. Bila perlu makanlah sedikit-sedikit di pukul 03, 04, dan menjelang Subuh.

Makan sahur harus cukup jangan sampai kita malas untuk santap sahur. Karena ini akan memudahkan kita melakukan banyak hal di bulan Ramadhan karena energi kita cukup. Yang sahur saja lemas apalagi kalau kita tidak sahur.

Ketiga
Perbanyak minum sehabis berbuka puasa. Caranya tentu tidak boleh sekaliguss. Tunggulah 30 menit setelah makan lalu diminum sedikit-demii sedikit setelah Isya atau Tarawih. Mungkin bisa anda lakukan di sela-sela membaca Al-Qur'an, atau saat istiahat olah raga di malam hari. jangan lupa perbanyak minum setelah sahur dengan cara yag hampir sama dengan tadi.

Keempat
Perbanyak menyantap buah-buahan yang berserat tinggi dan banyak mengandung air. Mungkin anda bisa memakan buah semangka yang kadar airnya tinggi. Buah-buahan lainnya juga bisa asalkan unsurnya yang mirip dengan buah semangka.

Kelima
Khusus bagi pasien Diabetes alangkah baiknya bila selalu mengontrol kondisi gula darah anda. Sebisa mungkin terus berkonsultasi dengan dokter. Bila sudah keluar eringat dingin tentu saja anda harus membatalkan puasa anda.

Keenam
Kurangi tidur. Jangan mengisi bulan suci Ramadhan dengan tidur seharian. Itu hanya akan membuat tubuh terasa lems. Dengan ini penting sekali mengatur waktu anda dan didiplin untuk mematuhi jadwal yang telah dibuat.

Ketujuh dan seterusnya silahkan isi dengan tips-tips yang anda temukan. Alangkah baiknya bila segala research dalm bidang ilmu dan pengetahuan serta teknologi diaplikasikan untuk mendukung ibadah kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel