Skip to main content

follow us

10 Kerajinan Menguntungkan Saat Ramadhan

Alhamdulillah di bulan Ramadan biasanya lebih rajin beribadah. Jangankan yang wajib yang sunat pun dikerjakan semua. Intensitasnya lebih tinggi dan kwalitasnya pun lebih bags dari ibadah di bulan-bulan selain Ramadan.

Sebelum Ramadan tiba sebaiknya kita harus meningkatkan kwalitas ibadah yang sama seperti d bulan Ramadan. Dan kalau dipikir-pikir seharusnya begitu, bukan? Kita harus memanfaatkan Ramadan ini sebagai pendidikan yang hasilnya akan terlihat setelah selesai Ramadan.

Baca juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

10 Kerajinan Menguntungkan Sebelum Ramadan
10 Kerajinan Menguntungkan Sebelum Ramadan
Oleh karena itu setelah Ramadan amal kita harus lebih baik. Dan sebelum Ramadan pun harus punya persiapan yang lebih kurang sama. Tujuannya agar amal kita kwalitasnya sama dan meningkat. Lebih dari itu adanya penyamaan frekwensi akan memudahkan kita melakukannya.

Berikut ini beberapa kerajinan yang menguntungkan sebelum Ramadan tiba yang harus kita lakukan.

Pertama

Kerajinan Berpuasa.
Karena Ramadan identik dengan puasa yang mewadahi amalan-amalan lainnya, maka dari sekarang kita harus sering berpuasa. Dengan begitu saat Ramadan tiba perut kita tidak akan mengalami gangguan karena sudah terbiasa.

Kedua

Kerajian Shalat Berjamaah
Mulai dari saat ini kita harus rajin shalat berjamaah di masjid bagi lak-laki. Jangan sampai kita terus menerus jadi suami solehah gara-gara shalat di rumah terus. Agar nanti terbiasa dan tidak merasa canggung saat ke masjid harus dari sekarang datang ke masjid untuk shalat berjamaah.

Ketiga

Kerajinan Shalat Malam
Bulan puasa bukan waktu khusus untuk melaksanakan shalat malam. Karena shalat malam ini ada sepanjang tahun dan ini adalah ibadah yang utama dilakukan oleh oang-orang soleh. Namun begitu sangat bagus apabila di bulan Ramadan lebih giat lagi shalat malamnya.

Keempat

Kerajinan Shalat Isya dan Sebelum Tidur
Sekarang saatnya mulai harus tepat waktu saat shalat Isya dan shalat sebelum tidur. Ini sangat besar manfaatnya agar kondisi tubuh terbiasa dengan intensitas ibadah yang dilakukan. Bila ini dilakukan maka akan terjadi peningkatan kwalitas yang matang.

Kelima

Kerajinan Membaca Al-Qur'an
Inilah saatnya yang tepa untuk mengakrabkan diri dengan Al-Qur'an. Bila tidak biasa membacanya mata akan cepat ngantuk dan konsentrasi akan hilang. Lakukan secara bertahap hingga satu malam kita mampu membaca beberapa juz.

Keenam

Kerajinan Menghadiri Majlis Ilmu
Sekarang adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan kerajinan menghadiri tempat-tempat ilmu. Jagalah hati agar tidak bosan menerima ajaran-ajaran yang berulang dan sudah kita ketahui dari dulu. Karena itulah akhlaq orang-orang mulia.

Ketujuh

Kerajinan Beri'tikaf
Ramadan adalah bulannya i'tikaf. Di luar Ramadan i'tikaf juga bagus dilaksanakan. Namun di bulan Ramadan petunjuk Rasul mengindikasikan ada sesuatu yang istimewa bila dilakukan. Melatih diri untuk biasa berada di masjid dalam waktu lama adalah kerajinan yang harus dimiliki. Jangan sampai baru duduk lima belas menit sudah gatal-gatal dan ingin pulang.

Kedelapan

Kerajinan Berzakat dan Bersedekah
Sedekah dan zakat di luar Ramadan juga ada. Namun di bulan Ramadan pahalanya dilipatgandakan. Makanya dari sekarang kita harus membiasakan bersedekah yang nilainya besar agar pas nanti di bulan Ramadan tidak merasa kemalingan kalau sedekah besar.

Kesembilan
Kerajinan bersilaturahim
Bersilaturahim bukan hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja namun juga di bulanbuan Ramadan. Namun karena ada pahala besar bila dilakukan di bulan Ramadan. Makanaya kita harus terbiasa melakukannya dan memiliki waktu khusus ntuk itu.

Kesepuluh

Kerajinan Melakukan Amalan-Amalan Sunat
Kalau selama ini kita kurang melirik amalan-amalan sunat ini tidak merasa apa-apa. Sesungguhnya amalan-amalan sunnat ini kalau tidak dilakukan berarti kita rugi. Dan sebenarnya bila ditelisik lebih dalam kalau kita tidak punya rasa penyesalan saat meninggalkannya sepertinya kita sudah pilih kasih terhadapnya.

Itulah 10 Kerajinan Menguntungkan Sebelum Ramadan. Semoga kita bisa menyambut dan mengisi bulan Ramadan dengan amalan-amalan yang bermutu tinggi dengan hati yang lapang, ikhlas, rido, dan rajin.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar