Skip to main content

follow us

Kesalahan Fatal dalam Pendidikan Anak

Ada kalanya kita tidak menyadari bahwa ada yang salah dengan cara mendidik anak. Pendidikan adalah proses yang saling berkait antar elemen pendukungnya. Dalam hal ini tidak ada salahnya apabila kita terus meneliti dan mengevaluasi diri saat mendidik anak.

Menurut saya, kesalahan yang paling fatal dalam mendidik anak adalah hilangnya keteladanan dari pendidik baik guru maupun orang tua. Soal ini merupakan sesuatu yang sangat penting. Dan ini bukanlah hanya menampakkan keteladan lahiriah dan basa-basi namun harus timbul dari dalam kesucian hati.

Inilah perbedaan pendidikan karakter dan kedisiplinan yang berbasis sekuler dan agama. Orang yang disiplin berdasarkan ketaatannya pada aturan sekuler tidak akan sekuat kedisiplinan yang timbul dari dasar hati.

Alangkah buruknya perilaku para orang tua yang melarang anaknya merokok sementara ia sendiri sehari habis 2 bungkus. Betapa tidak baiknya orang yang melarang anaknya berbuat dan bertingkah laku buruk namun ia sendiri tidak baik tingkah lakunya.

Kesalahan Fatal dalam Pendidikan Anak

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar