DOA MENJENGUK ORANG SAKIT MENURUT SUNAH

DOA MENJENGUK ORANG SAKIT MENURUT SUNAH - Menjenguk orang sakit adalah kewajiban kaum muslimin untuk saudaranya yang muslim. Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan menjenguk orang non- muslim.
 
Menjenguk kaum non-muslim selain mendoakan kesembuhan juga memohon taufiq dan hidayah Allah SWT untuknya.
 
Gambar dari: Lamar Nina
DOA MENJENGUK ORANG SAKIT MENURUT SUNAH

Menjenguk orang sakit sangat berguna bagi yang dijenguk dan sangat bermanfaat bagi yang menjenguk.
 
Orang yang dijenguk akan merasa senang dan bahagia. Ia tidak merasa sendiri menanggung beban, apalagi bila penyakitnya berat.
 
Doa yang dibaca saat menjenguk sangat beragam. Dan doa-doa ini sering dinamakan ruqyah atau jampi-jampi.
 
Agar semua sesuai sunah maka kita harus memperhatikan bacaan doanya. Kita bisa mendengarkan nasihat dan penjelasan orang yang paham akan hal ini.
 
Dengan ini dapat disimpulkan ada doa-doa menjenguk orang sakit, baik parah atau tidak, yang sesuai sunah dan ada yang tidak.
 

Inilah doa-doa menjenguk orang sakit yang sahih menurut sunah

 

Doa Pertama


سورة الفاتحة

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7)

Rasulullah mengajarkan membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan Surat An-Nas. Secara muatan isinya ketiga surat ini berisi tauhid dan hebatnya perlindungan Allah SWT bagi orang yang beriman kepada-Nya.
 
سورة الإخلاص
بسم الله الرحمن الرحيم
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4)

سورة الفلق
بسم الله الرحمن الرحيم
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

سورة الناس
بسم الله الرحمن الرحيم
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6

Surat Al-Fatihah adalah Surat yang ada dalam Al-Qur'an yang pernah dibacakan oleh para sahabat Rasulullah SAW ketika memohon kesembuhan untuk seorang pemuka sebuah kampung bangsa Arab yang tersengat binatang beracun. Setelah dibacakan ia sembuh. Atas upaya dan doa para sahabat akhirnya mereka mendapatkan hadiah seekor ternak. Saat disampaikan kepada Rasulullah SAW ia menyetujuinya dan meminta bagian dari hadiah itu untuknya.

Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas adalah ketiga surat Al-Qur'an yang dibaca oleh Rasulullah SAW untuk berlindung kepada Allah SWT dari setan dan kejahatan makhluk Allah SWT.

Mengenai keutamaan surat-surat ini banyak sekali tercatat dalam kitab-kitab yang menjelaskannya.


Doa Kedua


Sebenarnya doa menjenguk orang sakit itu sangat banyak. Namun kali ini kami akan mencatat dalam dua sub bahasan ini saja. 

Inilah do'anya;


اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أذْهِبِ البأسَ ، اشْفِ أنْتَ الشَّافِي، لا شِفاءَ إِلاَّ شِفاؤُكَ شِفاءً لا يغادر سقما
 
ALLAAHUMMA RABBAN NAASI ADZHIBIL BA-SA, ISFI ANTASY SYAAFII, LAA SYIFAA-A ILLAA SYIFAA-UKA SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQAMAN.
Duhai Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah Engkau Maha menyembuhkan, tidak ada penawar selain penawar dari-Mu, dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit sama sekali.
 
 
Bila saja belum sempat mempelajari doa-doa di atas, berdoa dengan menggunakan bahasa sendiri juga sangat dibolehkan. Selain itu kata-kata motivasi dan menenangkan harus diungkapkan dengan suasana yang akrab dan gembira.
 
Semoga yang sakit cepat disembuhkan oleh Allah SWT. Dan yang masih sehat semoga dijaga kesehatannya oleh-Nya. Amin! 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "DOA MENJENGUK ORANG SAKIT MENURUT SUNAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel