DOA MANDI WAJIB SETELAH BERHUBUNGAN

DOA MANDI WAJIB SETELAH BERHUBUNGAN - Aktifitas suami-istri yang niscaya terjadi adalah berhubungan intim atau bersetubuh. Ini merupakan bentuk ibadah yang sangat besar pahalanya. Karena menempatkan sesuatu pada tempatnya adalah keadilan. Dan keadilan adalah sesuatu yang sangat dicintai Allah SWT. Karena Allah sendiri merupakan dzat yang Maha Adil. Dialah Al-Haqq, Al-Hakim, Al-'Adl.

Dalam kajian fiqih dijelaskan bahwa salah satu hal yang mewajibkan seseorang untuk melakukan mandi wajib adalah bersetubuh atau berhubungan intim. Kondisi ini sering disebut junub yang termasuk hadats besar. 
 
 DOA MANDI WAJIB SETELAH BERHUBUNGAN
الصورة من: أملي الجنة
Orang yang berada dalam keadaan junub bila hendak melakuka shalat maka harus melakukan mandi waji, atau mandi besar, atau mandi junub. Selain itu, dalam tuntunan Rasulullah SAW dijelaskan bahwa dengan mandi akan memberikan kesegaran pada tubuh.

Dapat dipahami bahwa mandi wajib ini berbeda dari mandi biasa. Mandi biasa bila ingin dihitung sebagai ibadah maka harus diniatkan dengan niat yang baik dan karena Allah SWT. Sedangkan mandi wajib ini sebagai ibadah mahdoh sejak awal harus dibedakan dengan mandi biasa. Ia sejak awal merupakan ibadah. Maka niatkanlah untuk ibadah.
Setelah niat, mengucapkan bas,alah adalah hal kedua, kemudian berwudu adalah hal, lalu mengguyur kepala, bagian tubuh sebelah kanan, dan langsung membasuh tubuh bagian kiri. Dan diaruskan pula membuang najis dan kotoran yang menempel pada tubuh dan meratakan air.
Adapun doa yang bisa dibaca setelah mandi wajib ini adalah sebagaimana yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW dalam berbagai riwayat hadits yang mulia. Diantara doa yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَوَّابِينَ، واجْعَلْني مِنَ المُتَطَهِّرِينَ 

Ya Allah jadikan lah aku termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, dan jadikan lah aku termasuk golongan orang-orang yang menyucikan diri.

 اللَّهُمَّ اغْفِرْ لي ذَنْبِي، وَوَسِّعِ لي فِي داري، وَبارِكْ لي في رِزْقِي 

Maha suci Engkau ya Allah dengan memuji-Mu, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu.

Itulah beberapa doa yang bisa kami catat dalam ulasan sederhana ini. Untuk lebih lengkapnya alangkah lebih baik bila langsung memeriksanya pada kitab karya ulama.
Semoga bermanfaat. Amin


Mandi wajib sangat penting untuk mengembalikan kesegaran tubuh. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel