Skip to main content

follow us

Do'a Shalat Dhuha dan Artinya

Do'a Shalat Dhuha dan Artinya

Dulu, waktu yang masih saya kenang. Saya selalu kagum dengan guru kami. Apa yang membuat kami kagum?
Yang membuat kami kagum adalah salah satunya shalat sunahnya. Sedikit akan saya utarakan. Ceritanya beliau itu sangat bersemangat. Orang sekarang mungkin menyebutnya hobi.

Mungkin kata itu sedikit kurang pas. namun kurang lebih beliau itu orang yang paling semangat melakukannnya.


Lalu apa lagi?
Yang jelas jumlah rakaatnya itu lho, sangat banyak.
Sama kawan-kawan terkadang kami hanya bisa memandanginya penuh kekaguman.

Memang begitulah keadaan orang-orang shalih. Wajahnya berseri dan rambutnya basah oleh air wudhu dan badannya sehat karena menebar manfaat hingga ke tempat jauh.

Saya Mencoba

Beberapa saat kemudian dalam hidup saya terjadi sesuatu yang kurang menyenangkan. Dan saya terseret atas izin Allah swt. untuk merasakan keajaibannya.

Saya lakukan shalat sunnah.

Dan benar saja saya mendapati jiwa saya ringan dan semua belenggu di dalam pikiran seakan terlepas seketika. Dan lagi saya merasa lebih baik, lebih sehat, dan lebih sejahtera.

Shalat Dhuha

Shalat dhuha adalah shalat yang dilakukan setelah matahari naik. Waktunya dimulai sekitar pukul 7 pagi. Dengan melakukannya saya merasakan tubuh segar dan kehidupan dan perekonomian semakin lancar.

Do'a Setelah Shalat Dhuha

Ada do'a populer yang sering dihapalkan para pelajar dan santri setelah Shalat Dhuha. Kita boleh menggunakannya.

Berikut ini adalah catatan do'anya sekalian terjemahnya;

اللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Latin:

ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAAHUMA INKAANA RIZQII FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAA-IKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN.
 

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”  

Do'a Lainnya

Selain doa di atas anda juga bisa membaca doa-doa di bawah ini;

  الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي جَلَّلَنا اليَوْمَ عافِيَتَهُ، وَجاءَ بالشَمْسِ مِنْ مَطْلَعِها، اللَّهُمَّ أصْبَحْتُ أشْهَدُ لَكَ بِما شَهِدْتَ بِهِ لِنَفْسِكَ، وَشَهِدَتْ بِهِ مَلائِكَتُكَ وحَمَلَةُ عَرْشِكَ وَجَمِيعُ خَلْقِكَ إنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ القائِمُ بالقِسْطِ، لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ العَزِيزُ الحَكِيمُ، اكْتُبْ شَهادَتي بَعْدَ شَهادَةِ مَلائِكَتِكَ وأُولِي العِلْمِ، اللَّهُمَّ أنْتَ السَّلامُ وَمِنْكَ السَّلامُ وَإِلَيْكَ السَّلامُ، أسألُكَ يا ذَا الجَلالِ والإِكْرَامِ أنْ تَسْتَجِيبَ لَنا دَعْوَتَنَا، وأنْ تُعْطِيَنَا رَغْبَتَنا، وأنْ تُغْنِينَا عَمَّنْ أغْنَيْتَهُ عَنَّا مِنْ خَلْقِكَ، اللَّهُمَّ أصْلحْ لي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أمْرِي، وأصْلِحْ لي دنياي التيي فِيها مَعِيشَتِي، وأصْلِحْ لي آخِرَتِي الَّتِي إلَيْها مُنْقَلَبِي
Segala puji bagi Allah, yang 'afiah-Nya telah membanggakan kami, matahari terbit dari ufuk, Ya Allah aku bersaksi dengan persaksian-Mu terhadap diri-Mu, dan persaksian malaikat-malaikat-Mu, dan malaikat pemikul 'arsy-Mu, dan semua makhluk-Mu, sesungguhnya engkau adalah Allah, Tiada tuhan selain Engkau, yang Maha adil, Tidak ada tuhan selain Engkau yang maha perkasa lagi maha bijaksana, catatlah persaksianmu setelah persaksian para malaikat-Mu dan orang-orang yang berilmu, Ya Allah Engkaulah yang maha memberi keselamatan, dari-Mu keselamatan, kepadamu kembali meminta keselamatan, Aku meminta kepada-Mu wahai dzat yang maha agung dan maha murah, agar mengabulkan permohonanku, dan membirakan apa yang kami harapkan, dan enjadikanku tidak butuh kepada orang yang telah dicukupkan dariku di antara makhlukmu. Ya Allah perbaikilah agamaku yang menjadi sadaran urusanku, duniaku yang menjadi mata pencaharianku, akhiratku tempat aku kembali.
 

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي وَهَبَ لَنَا هَذَا اليَوْمَ وأقالَنا فِيهِ من عَثَرَاتِنَا

Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan hari ini kepada kami dan telah mengampuni kami dari kesalahan-kesalahan kami.
 
Semoga Kita selalu dibimbing untuk melaksanakan Shalat Dhuha dan amal-amal ibadah lainnya. Amin !!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar