Skip to main content

follow us

Do'a Setelah Shalat Sunah Fajar

Do'a Setelah Shalat Sunah Fajar

Saya memang sedang kagum dengan ajaran Islam tentang shalat. Sehari semalam ada macam-macam shalat yang menyejukkan dan menguatkan. Bagi sebagian orang bahkan shalat itu menjadi sumber energi dan cahaya hidupnya.

Semua yang disampaikan itu sangat logis. Orang yang sangat asyik dalam shalatnya tentu akan tambah kuat dan bahagia. Kenapa? Ya karena hati yang bahagia akan menguatkan ruhani dan jasmaninya. Begitu pula orang yang bahagia akan memancarkan cahaya di wajahnya.


Bangun tidur pagi-pagi buta dan harus menyentuh air dan melakukan gerakan-gerakan dalam suasana yang dingin tentu hal yang kurang menyenangkan. Tapi tunggu dulu. Sebenarnya semua tergantung pada niatnya.

Coba kita renungkan. Semua yang bermental baja - siapa pun - pasti tidak akan lama-lama tertidur. Orang yang lagi mengejar mimpi akan mencurahkan seluruh dedikasinya sampai-sampai ia persingkat jam tidurnya.

Maka bagaima keadaan orang yang sedang mengejar keridoan tuhannya. Tentu ia akan tambah semangat lagi. Nah mengenai hal ini ada keterangannya. Bahwa Rasulullah adalah orang yang paling semangat dalam melaksanakan shalat sunah fajar.

Do'a Setelah Shalat Sunah Fajar

Yang akan saya tulis sekarang bukan tata cara atau ulasan panjang mengenai pelaksanaan shalat sunnah fajar. Saya hanya akan menuliskan sedikit saja dari khazanah islam yang berkaitan dengan Do'a Setelah Shalat Sunah Fajar.

Ada dua hadits yang menjelaskan tentang ini

Pertama

وَرَوَيْنَا فِيْ كِتَابِ ابْنِ السُّنِّي عَنْ أَبْيْ الْمَلِيْحِ وَاسْمُهُ  عَامِرُ ابْنُ أُسَامَةَ عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ صَلَّى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ وَأَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى قَرِيْبًَا مِنْهُ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ  ثُمَّ سَمِعَهُ يَقُوْلُ وَهُوَ جَالِسٌ أللّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم أَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ
Kedua

وَرَوَيْنَا فِيْهِ عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قاَلَ مَنْ قَالَ صَبِيْحَةَ يَوْمِ الْجُمُعَةِ قَبْلَ صَلاَةِ الْغَدَاةِ أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لاَ إِلهَ إلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ غَفَرَ اللهُ تَعَالَى  ذُنُوْبَهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ
Dari dua hadits di atas dapat kita ambil do'a yang diajarkan Rasulullah yang dibaca setelah shalat sunnah fajar.

Do'a Pertama

اللّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم أَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ
Ya Allah, Tuhannya Jibril, Israfil, Mikail, dan Muhammad saw.,, Aku berlindung kepada-Mu dari neraka. Amin

Do'a Kedua  
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لاَ إِلهَ إلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan selain Dia, yang Maha Hidup dan Maha berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya. Amin  

Nah, Silahkan diamalkan !!! 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar