Skip to main content

follow us

Historia est Vitae Magistra

Memaknai sejarah kita akan memahami kedudukan kita saat ini untuk menatap masa depan. Untuk mengenali kondisi kita saat ini cara adalah dengan membandingkan dengan kondisi-kondisi masa lalu. Kesuksesan kita di masa yang akan datang dapat kita cari formula dan rahasianya dalam sejarah.

Dalam sejarah semua terangkum. Catatan peradaban manusia tidak ada satu pun yang terlewatkan. Keluhuran etika dan etos kerja yang baik menghantarkan mereka yang hidup di masa lalu memperoleh kejayaan. Kekaguman akan maha karya yang diciptakan akan membuat kita terkagum-kagum. Kekaguman ini melecut kesadaran kita untuk menirunya. Bagaikan sengatan setrum yang membuat kita tersentak dan bangkit.

Kejayaan masa lalu adalah kejayaan yang akan memilki factor-faktor yang sama dengan kejayaan yang akan dibangun di masa yang akan datang. Kita bisa melihat peradaban yang dibangun oleh para nabi dan rasul. Atau para raja dan penguasa yang menentangnya. Kita simak kejayaan Daud dan Sulaiman yang sampai sekarang belum tertandingi. Kita bahas kejayaan Alexander Dzulqarnain, Dan kejayaan Islam.

Begitu pula dalam sejarah dicatat factor-faktor yang membuat suatu peradaban menjadi hancur. Seperti peradaban Fir’aun di Mesir, Namrudz di Babilionia Irak, Persia, Romawi, Kaum ‘Aad, Tsamud, dan Banyak lagi yang lain.

Sejarah akan berulang hanya actor, pelaku, dan latarnya saja yang berbeda. Adapun muatan isi sejaah adalah sama. Di sana ada kebenaran dan kebatilan. Dalam sejarah termaktub bahwa kebenaran yang akan menjadi pemenang. Kebenaan akan muncul meski dipendam seribu tahun.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar