Skip to main content

follow us

Kesalahan-Kesalahan dalam Berdoa yang Akan Menjadikan Doa Tidak Dikabulkan

Dalam berdo'a kita diperbolehkan untuk melakukan hal-hal berikut ini;

• Mendo'akan orang lain tanpa mendo'akan diri sendiri

Hal ini sering dilakukan oleh Rasulullah Saw., Seperti yang dinyatakan dalam hadits; "Ya Allah ampunilah dosa 'Ubaid Abu Amir, Ya Alah ampunilah dsa Abdullah bin Qais" (HR Bukhari Muslim).

• Mengharapkan kematian ketika terpaksa

Hal ini dilakukan bila kematian lebih baik untuk iman dan islam kita bila dibandingkan dengan hidup yang terjerumus ke dalam dosa.

• Mendo'akan kebaikan atau ketidakbaikan bagi orang musyrik

Mendoakan kebaikan bila orang yang musyrik itu memilki perangai baik dan memilki pogtensi yang besar untuk kemajuan Islam. Dan mendo'akan ketidakbaikan dilakukan bila setelah didakwahi dan diajak bicara namun kelakuannya semakin berpaling dan berbahaya.

• Minta dido'akan kepada orang shalih. Ini juga hal yang dapat kita lakukan. Namun harus diingat bahwa tidak sembarangan orang yang mesti kita pintai do'a namun hanya orang-orang yang aat kepada Allah saja lah yang pantas kita mohonkan do'anya.

Kenalilah apa saja yang membuat doamu diterima. Lantas bila ada perbuatan yang bisa menghambat terkabulnya doa lekaslah untuk meninggalkannya.

Demikianlah beberapa hal yang diperbolehkan ketika kita berdo'a.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar