Skip to main content

follow us

Senam Ibu Hamil Islami

Pada prinsipnya, olah raga sangat dibutuhkan oleh kita. Begitu banyak manfaat yang dapat kita petik darinya. Maka setiap kita haruslah bersungguh-sungguh mengolah dan memelihara serta menjaga tubuh kita. Karena ini adalah anugerah dan nikmat dari sang maha Pencipta yang harus kita jaga. Baik itu dengan cara memperhatikan asupan makanan atau menjaga keseimbangan gizi bagi tubuh kita. Gerakan-gerakan tubuh yang kita lakukan akan sangat mempengaruhi kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Gerakan-gerakan yang benar akan meberikan pengaruh positif bagi kesehatan tubuh kita. Diantara kita pun ketika berolahraga memiliki orientasi yang berbeda. Karena olah raga sendiri memiliki tingkatan-tingkatan. Dimulai dari yang ringan sampai yang berat. Senam sebagai salah satu bagian dari olah raga pun digolongkan menjadi beberapa kategori, ada yang ringan dan tibah membutuhkan banyak gerakan dan tenaga, ada pula yang berat sehingga membutuhkan tenaga dan gerakan yang banyak. Begitu pula orang melakukan senam akan beragam tujuannya.
Bagi para wanita yang sedang hamil, olah raga tentunya sangat perlu dan dibutuhkan. Terutama setelah masa usia kehamilan di atas 3 bulan atau 12 minggu. Adapun sebelum itu, senam yang dianjurkan adalah melakukan gerakan gerakan halus paada arah leher, peregangan tangan, pinggang dan kaki. Cara melakukannya bisa sambil duduk dan berdiri. Lakukan semuanya dengan ringan dan pelan-pelan. Semua diawali dengan menarik nafas dalam-dalam sampai terasa nyaman mengaliri seluruh badan. Adapun bagi para wanita yang sudah hamil melewati usia 12 minggu, maka gerakan yang senamnya adalah dengan melakukan pemanasan seperti di atas dengan melakukan peregangan pada otot oto leher, tangan, dada, pinggang, selangkangan, dan kaki. Lakukan semua dengan hati-hati dan pelan pelan. Lakukan setiap pagi dan pelemasan menjelang tidur. Dari pembicaraan diatas dapatlah disimpulkan bahwa senam harus dilakukan dengn hati-hati. Tidak dianjurkan melakukan gerakan yang ekstrim seperti melompat dan menghentak. Sebelum dsemua ini dilakukan haruslah trrlebih dahulu konsultasi dengan dokter anda. Kemudian mengenai Senam islami maksudnya adalah semua gerakan senam yang dilakukan dengan mengikuti kaidah islam> Diantaranya kita tidak boleh melakukan gerakan yang berbahaya bagi sang Ibu, juga sang jabang bayi, juga orang lain. Serta dilakukan di tempat yang baik, sehat, aman, bersih, dan memperhatikan etika ajaran islam dalam berpakaian olah raga dan lingkungannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar