Skip to main content

follow us

Senam Ibu Hamil 0 - 12 minggu

Pepatah bilang "hidup ini perjuangan". Memang benar, dan salah satu tanda adanya perjuangan adalah adanya pergerakan. Dengan ini, Ibu-ibu yang sedang hamil padi hakikatnya sedang berjuang menyelamatkan generasi manusia selanjutnya. Ia harus bergerak dan tidak tinggal diam. Semua dilakukannya dengan tulus ikhlas demi sang buah hati yang kini ada dalam rahimnya. Pergerakan sang ibu sangat mempengaruhi sang bayi. Gerakan yang benar akan menyehatkan sang bayi. Bila sebaliknya, pasti akan berakibat tidak baik bagi sang bayi.
Untuk para wanita yang usia kehamilannya kurang dari 12 minggu, disarankan untuk tidak melakukan gerakan-gerakan menghentak, seperti berlari, loncat, angkat berat, dan gerakan-gerakan lain yang tidak dianjurkan. Pada usia kehamilan 0 - 12 minggu, keadaan sang bayi dan rahim belum kuat, sehingga geraka-gerakan yang menghentak akan sangat berbahaya bila di lakukan. Dengn penjelasan diatas, maka gerakan senam yang paling pas adalah hanyalah gerakan pelemasan saja. Yaitu bertujuan hanya sebagai grakan melemaskan otot-otot leher, bahu, dada, pinggang, perut, selangkangan, paha dan kaki. Itupun dilakukan dengan tidak menghentak.
Pertama-tama bacalah doa yang khusyu, lalu kemudian tariklah nafas dalam-dalam sampai kita merasa tenang. Contohnya, melemaskan otot-otot bahu adalah dengan memasang tangan ke atas sambil menggerakan bahu pelan-pelan,tarik pinggang ke belakang, lalu ke kiri, lalu ke kanan. lakukan semua dengan pelan pelan dan tarikan nafas teratur. kemidian kita bosa melemaskan oto-otot leher ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang, sambil sedikit dilakukan pijatan di kepala dan leher. Setelah itu istirahatlah dan jangan melakukan gerakan yang melelahkan. semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar